KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

WUSHU YONMARHARLAN VII KUPANG KOTA KARANG SIAP MENGUKIR PRESTASI

IMG-20170601-WA0122

Yonmarharlan VII – WUSHU merupakan Ilmu bela diri yang berasal dari Negara tirai bambu Tiongkok. Wushu terdiri dari dua nomor yang dipertandingkan yakni nomor Taulo dan Sanda, nomor taulo merupakan gerakan seni dan keindahan dengan menggunakan senjata Pedang, golok, tombak, toya dan tangan kosong  sedangkan di nomor sanda merupakan seni pertarungan yang terdiri dari gerakan pukulan, tendangan, bantingan dan dorongan.Minggu (04/06/2017)

IMG-20170601-WA0128

 

Sejak 01 Desember 2016 di kota kupang NTT tepatnya di Yonmarhanlan VII kupang telah didirikan Sasana Wushu Marinir oleh Komandan Yonmarhanlan VII, Letkol marinir Septino Lasamahu SE. Mtr. Hanla. yang beranggotakan seluruh prajurit Marinir dan beberapa masyarakat Sipil.

 

Adapun partisipasi dari sasana Marinir wushu di antaranya  Pameran pembangunan, Pagelaran budaya Tiongkok, Car free day dan sejumlah Demonstrasi yang ditampilkan untuk memperkenalkan Wushu kepada masyarakat kota kupang dan seluruh kota/ kabupaten di NTT Serta yang terakhir sasana Wushu Marinir sudah mengirimkan Atlitnya untuk berlaga di piala walikota Surabaya.

IMG-20170601-WA0127

 

Peran serta dan antusias masyarakat  dan instansi pemerintah seperti Koni provinsi, Dispora provinsi  dan paguyuban masyarakat Tionghoa NTT sangat tinggi dan bersinergi dengan Visi dan Misi Danyonmarhanlan VII dalam memperkenalkan dan mengembangkan olah raga Wushu di NTT.

 

Pada tanggal 2 Februari 2017 pengurus besar Wushu Indonesia secara resmi mengeluarkan SK PB WI mengenai kepengurusan Wushu NTT dan Letkol Marinir  Septino Lasamahu S.E, Mtr.Hanla Danyonmarhanlan VII Kupang saat ini diangkat sebagai Ketua Umum karena dianggap sebagai pemprakarsa berdirinya Wushu di Provinsi NTT. Beliau berharap dan sangat optimis serta bertekad untuk memajukan beladiri Wushu di NTT. Dalam hal ini untuk sementara masih di nomor Sanda atau pertarungan dikarenakan  belum adanya pelatih dinomor Taulo.

 

Agenda yang sedang disiapakan bagi atlet Wushu NTT dalam rangka mengikuti kejuaraan ditingkat daerah maupun nasional diantaranya akan diselenggarakan  kejuaraan Pekan Olah Raga Pelajar seluruh indonesia pada bulan september 2017, Kejuaraan nasional Wushu pada bulan desember 2017, Pekan olah raga provinsi tahun 2018, Pra PON  2019 dan PON 2020 di provinsi Papua.

IMG-20170601-WA0125

Danyonmarhanlan VII Yakin prestasi atlet di kota Karang ini akan bersinar kedepannya karena di Yonmarhanlan 7 memiliki banyak Atlet-atlet muda berpotensi  dan pelatih wushu sanda yang berpengalaman dan memiliki segudang prestasi di cabang olah raga beladiri asal negara Tirai bambu ini, Letda marinir Agus Suprayitno Perwira Yonmarharlan VII adalah mantan atlet dan pelatih  Jawa Timur serta 3 kali penghuni Pelatnas Indonesia yang memiliki segudang prestasi diantaranya Medali Perunggu di Seagames 201, Medali Emas PON 2008 ,Medali Perak PON 2012, Medali Emas Kejurnas Wushu 2010 sampai 2014, Islamic Solidarity Games ,dan Indonesia  Invitation 2 di Medan 2010, Satya Lencana Dharma olah raga dari Presiden RI Jokowi dan piagam penghargaan dari Bapak KASAL sebagai Prajurit berprestasi.

 

Tekad dan optimisme Danyonmarhanlan VII Ini terbukti, dimana pada  tanggal 18-21 mei 2017  Sasana Wushu Marinir  Yonmarhanlan VII Kupang telah mengirimkan 1 (satu) orang atlet mengikuti kejuaraan Wushu piala walikota surabaya yang diselenggarakan di gelanggang olah raga remaja, salah satu prajurit Yonmarhanlan VII atas nama Prada mar Sarjudin berhasil merebut medali perak di nomor wushu sanda kelas -75 kg Putra, kejuaraan ini merupakan yang pertama kalinya diikuti oleh Prada Mar Sarjudin dan Wushu NTT dengan hasil yang membanggakan meskipun  dengan persiapan yang sangat minim.

IMG-20170601-WA0123

 

Hasil yang diperoleh ini merupakan gambaran bahwa atlit sasana Wushu Marinir Yonmarhanlan VII memiliki potensi dan motivasi yang tinggi  serta keras berlatih dan mau meningkatkan kemampuan untuk berprestasi  di kejuaraan kejuaraan Wushu yang akan datang. Komandan dan Seluruh prajurit  Yonmarhanlan VII Kupang bertekad melalui cabang olah raga beladiri Wushu ini siap mengukir prestasi dan mengharumkan nama TNI AL, Lantamal VII dan Yonmarhanlan VII di Kota karang serta nantinya kelak bisa ikut mewakili Provinsi NTT. Dalam hal ini untuk sementara masih di nomor Sanda atau pertarungan dikarenakan  belum adanya pelatih dinomor Taulo.

IMG-20170601-WA0122

 

WUSHU YONMARHARLAN VII KUPANG KOTA KARANG SIAP MENGUKIR PRESTASI