KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

WARTAWAN KOMPAS TELUSURI PROFIL KRI BIMA SUCI

By 25 Jan 2018 14:58Berita Umum
868735db-393b-45d4-bbdd-bb13f285f432

KOARMATIM – Surabaya, 25 Januari 2018

            Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji menerima kunjungan wartawan Kompas Jakarta yaitu Dahono Fitrianto didampingi oleh Andri Reno Susetyo dan Fotografer Kompas Surabaya yang bernama Bahana, bertempat di geladak KRI Bima Suci yang bersandar di Dermaga Semampir Baru, Koarmatim, Ujung Surabaya. Kamis, (25/01/2018).

            Dalam kunjungan ini, ketiga wartawan Kompas tersebut ingin mengenal lebih dekat KRI Bima Suci yang merupakan Kapal Layar Latih terbaru buatan Spanyol. Kunjungan diawali dengan mengunjungi Anjungan kapal yang sudah di modernisasi dari pendahulunya KRI Dewaruci.  Kapal kelas Bark (Barque) yang memiliki tiga tiang telah berlayar diberbagai belahan kota di dunia dengan rute pelayaran yaitu, Vigo (Spanyol) – Roma (Italia) – Port Said (Mesir) – Jeddah (Arab Saudi) – Oman – Colombo (Srilanka) – Padang (Sumbar).

            Kapal buatan Freire Shipyad di Vigo, Spanyol ini merupakan kapal pengganti KRI Dewaruci yang telah melegenda memiliki ukuran panjang 111, 20 meter, 13,50 meter, dan kedalaman draft 5,95 meter. Adapun tinggi pada ketiga tiangnya yakni tiang haluan 51,15 meter, tiang tengah  51,87 meter dan tiang buritan 49,51 meter.

Selama pengenalan Kapal Layar Latih, para wartawan Kompas mendapatkan penjelasan dari Lettu Laut (P) Yohanes salah satu awak kapal KRI Bima Suci.  Selanjutnya kunjungan dilanjutkan kedalam ruangan ABK dan Taruna AAL, serta melihat ruangan kamar mesin / Engine Control Room (ECR). Setelah berkeliling melihat KRI Bima Suci, para wartawan diajak makan siang bersama.

Dalam suasana santai, Letkol Baruno diajak wawancara oleh wartawan kompas Dahono di loungeroom perwira dan bercerita tentang mulai dari beliau menjabat Komandan KRI Dewaruci hingga dipercaya menjadi yang pertama menjabat sebagai Komandan KRI Bima Suci. Selain itu, Komandan lulusan AAL Angkatan 43 Tahun 1997 juga bercerita tentang perjalanan KRI Bima Suci mulai dari Spanyol sampai tiba di tanah air Indonesia.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

WARTAWAN KOMPAS TELUSURI PROFIL KRI BIMA SUCI