KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

WAKIL KOMANDAN LANTAMAL XIV PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA

DSC_0761

DSC_0761  DSC_0680DSC_0710  DSC_0691

        Kamis, 01 Juni 2017 Lantamal XIV Sorong melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila bertempat di lapangan Upacara Mako Lantamal XIV. bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Komandan Lantamal XIV Kolonel Marinir Anif Hidayat dengan Komandan Upacara Mayor Laut (T) I Made Romiyasa, S.T (Kadisbek Lantamal XIV). Upacara diikuti oleh para Asisten Danlantamal XIV, Kadis/Kasatker di lingkungan Mako Lantamal XIV dengan peserta upacara terdiri dari Pok Pamen,  Pok Pama, Pok Bintara/Tamtama, Pok Musik dan Pok Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Lantamal XIV Sorong.

        Dalam sambutan Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Inspektur upacara dikatakan Pancasila Merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 01 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, piagam Jakarta Tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah juwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah ke-Bhinneka Tunggal Ika-an kita.

        Kita perlu belajar dari pengalaman buruk Negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik social, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan Negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat Internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan. Kita Harus Waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila. Pemerintah pasti bertindak tegas terhadap organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang anti-Pancasila, anti-UUD 1945, anti-NKR, anti-Bhinneka Tunggal Ika. Pemerintah pasti bertindal tegas jika masih terdapat paham dan gerakan komunisme yang jelas-jelas sudah dilarang di bumi Indonesia.

DISPEN LANT XIV

WAKIL KOMANDAN LANTAMAL XIV PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA