KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

WAKIL BUPATI NUNUKAN SAMBUT KAL AMBALAT I-13-45 RESMI MASUK UNSUR PATROLI LANAL NUNUKAN

K-5

K-2

NUNUKAN, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Nunukan yang medan juangnya berada di laut dan memiliki tugas untuk mengawasi wilayah laut di Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Filipina, disamping memiliki tugas sebagai Pangkalan untuk mendukung operasi-operasi TNI AL, Lanal Nunukan juga memiliki tugas untuk mengawasi dan menjaga stabilitas keamanan di wilayah laut di Kalimantan Utara. Luas laut yang tidak sebanding dengan jumlah personel yang ada akan sangat terbantu apabila didukung dengan Alat Utama Sistim Senjata (Alutsista) yang banyak dan modern, karena Alutsista memiliki peran penting bagi TNI AL dalam menyelenggarakan pertahanan negara.

Pagi tadi, Senin (31/07) pada pukul 08.15 Wita, bertempat di Dermaga Mako Lanal Nunukan telah dilaksanakan penyambutan Kal Ambalat I-13-45 oleh Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Ari Aryono, SE beserta unsur Forkopimda Kabupaten Nunukan dalam rangka menempati jajaran unsur patroli organik Lanal Nunukan. Dengan masuknya Kal Ambalat I-13-45 untuk memperkuat unsur Lanal Nunukan sangat membantu dalam pelaksanaan patroli nantinya, sehingga intensitas patroli dapat dilaksanakan secara berkesinambungan di wilayah laut Kaltara. Kal Ambalat 1-13-45 merupakan jenis Kal 28 meter, type Patrol Craft dengan tahun pembuatan 2016 -2017 oleh PT. Tesco Indomaritim, bekasi jawa barat.

K-6

Pukul 08.20 Wita Kal Ambalat I-13-45 merapat dan sandar di Dermaga Lanal Nunukan di lanjutkan acara penyambutan dengan tarian tepung tawar, pemakaian rompi dan saung, pengalungan bunga kepada Komandan Kal Ambalat Kapten Laut (P) Kustoyo, dilanjutkan sambutan Komandan Lanal Nunukan. Pada acara penyambutan tersebut Wakil Bupati Nunukan bapak Ir. H. Faridil Murat, MM dalam sambutannya menyampaikan, dengan keberadaan Kal Ambalat di Nunukan diharapkan dapat menjaga keamanan di wilayah perbatasan RI secara khusus di perairan dan beliau berpesan kepada Komandan Kal Ambalat serta prajuritnya untuk melaksanakan tugas pengamanan patroli di daerah perbatasan dengan penuh rasa tanggung jawab serta melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait dalam melaksanaan tugasnya.

K-3

Selesai penyambutan, acara dilanjutkan dengan pemecahan kendi tanda diterima sebagai organik Lanal Nunukan, peninjauan Kal Ambalat I-13-45 dan foto bersama di atas Kal Ambalat dan diakhiri dengan ramah tamah di lounge room Lanal Nunukan. Hadir dalam acara tersebut Komandan KRI FKO-368 Letkol Laut (P) Andri Kristianto, Kajari Nunukan I. Made Sudiatmika, SH, Kepala Pengadilan Negeri Nunukan Nasrullah, S.H, Dandim 0911/Nnk Letkol Kav. Valian Wicaksono Magdi, S. Sos, Dansatgas Pamtas Yon 611/Awl Lekol Inf. Sigit Hengky Purwanto, Wakapolres Nunukan Kompol Rizal Muhtar, S. Ik, Danki Satgas Mar Ambalat XXII Kapten Mar Verdy, Danki Brimob Nunukan Iptu Awet Santoso

Dispen Lantamal XIII

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

WAKIL BUPATI NUNUKAN SAMBUT KAL AMBALAT I-13-45 RESMI MASUK UNSUR PATROLI LANAL NUNUKAN