KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

WADAN LANTAMAL XIII HADIRI JALAN SEHAT DAN DEKLARASI PEMBENTUKAN PEMUDA TARAKAN ANTI NARKOBA

Jalan sehat4

jalan sehat3

TARAKAN, Ajakan pemberantasan narkoba sebenarnya sudah sering digaungkan oleh Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tarakan dan didukung oleh Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal XIII) Tarakan, tapi hingga saat ini respons masyarakat Tarakan bisa dibilang masih belum optimal. Dari segi geografis letak pulau Tarakan dan pulau-pulau lain di Provinsi Kalimantan Utara yang berbatasan langsung dengan negara tetangga memberi peluang bagi masuknya barang-barang terlarang seperti NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya) yang melalui akses laut. Tak sedikit pihak TNI AL khususnya Tim Eastern Fleet Quick Response (EFQR) Lantamal XIII telah menangkap pengedar NAPZA di jalur laut, akan tetapi hingga saat ini Tarakan masih berstatus darurat narkoba.

Guna menuntaskan peredaran narkoba di pulau Tarakan perlu adanya kerjasama antara aparat penegak hukum dengan masyarakat Tarakan sehingga terjalin sinergitas dalam upaya memberantas peredaran narkoba. Tadi pagi, Minggu (30/04) Wakil Komandan Lantamal XIII Kolonel Marinir Muhammad Nadir menghadiri acara Jalan Sehat yang dikemas dalam Deklarasi Pembentukan Pelopor Pemuda Tarakan Anti Narkoba, hal ini menunjukan  bahwa Lantamal XIII benar-benar siap untuk mendukung dan bersinergi dengan BNNK Tarakan dan masyarakat Tarakan khususnya para pemuda Tarakan untuk memerangi peredaran Narkoba di Pulau Tarakan.

Kegiatan jalan sehat dilepas oleh Wakil Wali Kota Tarakan dengan Start dari Stadion Datu Adil, menuju jalan Kusuma Bangsa Bom Panjang, dilanjutkan menuju Jalan Sulawesi,  Jalan Patimura dan finish di Stadion Datu Adil. Selesai acara jalan sehat dilanjutkan dengan Deklarasi Pembentukan Pelopor Pemuda Tarakan Anti Narkoba sekaligus penandatanganan naskah deklarasi, acara diakhiri dengan hiburan dan doorprize.

jalan sehat6

Penyelenggara dari kegiatan Jalan Sehat dan Deklarasi Pembentukan Pelopor Pemuda Tarakan Anti Narkoba adalah Batalyon Taruna Latihan (Yontarlat) 2 Latsitardanus XXXVIII yang berlokasi di wilayah Kota Tarakan. Acara tersebut terselenggara atas kerjasama antara Yontarlat 2 Latsitardanus dengan Lantamal XIII, Pemerintah daerah dan Forkopimda Kota Tarakan. Pada stand Lantamal XIII yang menampilkan uniform Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) masih memberi peluang kepada pemuda-pemudi Tarakan untuk mendaftarkan diri menjadi Taruna AAL.

 

Dispen Lantamal XIII

 

WADAN LANTAMAL XIII HADIRI JALAN SEHAT DAN DEKLARASI PEMBENTUKAN PEMUDA TARAKAN ANTI NARKOBA