KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

WADAN LANTAMAL X  HADIRI SEMINAR PENGUATAN KERJASAMA SIPIL MILITER DALAM SISTEM KEAMANAN WILAYAH UDARA DAN KEAMANAN PENERBANGAN NASIONAL DI WILAYAH PAPUA DAN SEKITARNYA

seminar1

Wakil Komandan Lantamal X Kolonel Laut (P) Anotonius Yunianto Giarsiwi, M.Si (Han) menghadiri Seminar Penguatan Kerja sama Sipil Militer dalam sistem keamanan wilayah udara dan keamanan penerbangan Nasional di wilayah Papua dan sekitarnya bertempat di Hotel Aston Jl. Percetakan Jayapura, Selasa ( 17/07/2018).

Kegiatan ini di perakasai oleh Pangkosek Hanudnas IV Biak bersama Airnav Jayapura.

Dalam sambutannya Menteri Perhubungan RI yang diwakili Staf Khusus Menhub RI Bidang Hubungan Antar Lembaga Mayjen TNI ( Mar) Purnawirawan Buyung Lalana, mengatakan  Sebagaimana yang kita ketahui Indonesia dengan penduduk yang ada menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara terbesar di dunia, di samping itu Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas daratan kurang lebih 1,9 juta KM2 dan luas perairan kurang lebih 3,2 juta KM2 serta memiliki ruang udara nasional seluas kurang lebih 5,1 KM2 jutaan. Udara mempunyai arti yang sangat penting bagi suatu negara yang salah satunya dilihat dari aspek integritas wilayah dan keamanan nasional negara yaitu ruang yang mempunyai fungsi strategis sebagai aset nasional yang kita miliki.

Sementara itu Ketua penyelenggara Seminar Pangkosekhanudnas IV Biak Marsma TNI Jorry S. Koloay,  S.IP, M.Han dalam sambutannya mengatakan Pelaksanaan Air Power dalam rangka Seminar kerjasama Sipil Militer dalam sistem keamanan wilayah udara dan keamanan penerbangan Nasional di Wilayah Papua dan sekitanya ini bahwa “Dimana wilayah  Papua khususnya wilayah udara menjadi konsen bagi kita bersama dimana ada beberapa topik  pembahasan yang belum kita bicarakan. Dalam kontek negara hadir, Wilayah Udara Papua Maluku membangun bersama sama ruang udara sehingga menjadi kontrol , guna mendukung keamanan udara penerbangan.

Wakil Ketua Penyelenggara Seminar GM. Airnav  Bpk Suwandi dalam Sambutannya mengatakan Acara ini terselenggara dari amanah Menteri Perhubungan  untuk menjaga dan keselamatan  penerbanagan di wilayah Papua. Suport dari Pangkosek IV sehingga terlaksananya seminar ini.

Sambutan Plt. Gubernur Papua  Mayjen TNI (Purn) Soedarmo mengatakan  kegiatan ini cukup strategis terkait sistim keamanan wilayah udara. Tujuannya bagaimana bisa menjaga kedaulatan negara serta mampu memberikan  keselamatan kepada bangsa dan negara RI, menjaga keamanan wilayah udara  khususnya di Papua. Saya berharap akhir dari seminar ini ada kesepakatan untuk penanganan dan keamanan untuk wilayah Udara kita. Ada SOP sebagai Pedoman, Siapa dan harus berbuat apa sebagai pengamanan,  sehingga mendapat hasil yang kongkrit/positif dan bermanfaat dalam sistem Keamanan Wilayah Udara dan penerbangan Nasional.” Harapannya.

seminar2Hadir dalam kegiatan tersebut Menteri Perhubungan RI di Wakili Staf Khusus Menhub RI Bidang Hubungan Antar Lembaga Mayjen TNI ( Mar) Purnawirawan Buyung Lalana, Plt. Gubernur Papua Mayjen TNI (Purn) Soedarmo,  Asisten I Sekda Papua,  Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, MH, Kasdam XVII/ Cenderawasih, Kajati Papua, Pangkosek IV Biak Marsma TNI Jorry S. Koloay, S.IP, M. Han,  Dan Lanud Biak, Danlanud Timika, Dan Lanud Merauke,  Danlanud Pattimura Ambon, Komandan Satuan Radar 242 Biak, Komandan Satuan Radar 243 Timika, Komandan Satuan  Radar 244 Merauke, Komandan Satuan  Radar 245 Saumlaki Maluku Tenggara Barat, Pangkoops AU III diwakili Asops, GM. Ainav Cabang Madya Sentani Bpk Suwandi, Wadan Lantamal X Jayapura,  Dirpolairud Polda Papua,  Otoritas Penerbangan Se- Papua, Airnav Papua dan Ambon , Jajaran Perhubungan Udara, SAR Jayapura,   Komunitas Operator Penerbangan Jayapura.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

WADAN LANTAMAL X  HADIRI SEMINAR PENGUATAN KERJASAMA SIPIL MILITER DALAM SISTEM KEAMANAN WILAYAH UDARA DAN KEAMANAN PENERBANGAN NASIONAL DI WILAYAH PAPUA DAN SEKITARNYA