KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

WADAN LANTAMAL VI HADIRI UPACARA HARI BELA NEGARA TAHUN 2017

DSC_0977__FILEminimizer_

Makassar, Wakil komandan (Wadan) Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman, M. Tr (Han) menghadiri Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke – 69 tahun 2017 bertempat di Lapangan Upacara Rumah jabatan Gubernur Sulsel, Kamis (21/12/2017). Upacara ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sulsel DR. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H., dan dihadiri oleh Asintel Danlantamal VI Kolonel Laut (KH) Luddy mulyadi, pejabat Forkopimda Sulsel atau yang mewakili serta pejabat dari TNI/POLRI beserta para undangan unsur Pemerintahan daerah Sulsel lainnya.

Dalam Amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan oleh Gubernur Sulsel, dalam peringatan Hari Bela Negara ini mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk senantiasa belajar dari sejarah perjuangan bangsa.

“Ingatlah bahwa ini masa sekarang, tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah maupun keselamatan bangsa Indonesia, tidak lagi bersifat tradisional atau ancaman militer, melainkan sudah bersifat multi dimensi dan berada di setiap lini kehidupan. Oleh sebab itu, bentuk aktualisasi kecintaan terhadap tanah air atau patriotisme dan nasionalisme tentu jauh berbeda dengan era perjuangan para pendahulu kita”. kata Syahrul saat membacakan sambutan Presiden.

Disamping itu, lanjut Gubernur Sulsel, tantangan yang dihadapi kini semakin lama semakin kompleks. Kemudahan dan kecanggihan akses digitalisasi internal telah mengubah lanskap politik, ekonomi, dan sosial budaya. Sehubungan dengan hal tersebut, Presiden Jokowi meminta kepada seluruh rakyat Indonesia, khususnya generasi muda, untuk senantiasa kritis terhadap upaya-upaya memecah belah bangsa, merendahkan martabat bangsa, dan senantiasa waspada terhadap upaya infiltrasi idiologi dengan cara-cara yang sangat halus yang ingin mengubah atau menggantikan Pancasila dan ingin memecah belah NKRI. Oleh karena itu, Presiden meminta generasi muda sebagai calon pemimpin di masa mendatang, harus cinta tanah air, menjaga NKRI dan menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing.

Diakhir sambutan, Presiden Jokowi berharap para kader bela negara yang ada di berbagai daerah di seluruh Indonesia , dapat menyebarkan nilai-nilai bela negara kepada lingkungannya masing-masing.

“Kita menginginkan bela negara menjadi sebuah kesadaran nasional dan gerakan nasional, sebagai bentuk tanggung jawab kita semua dalam mempertahankan negara demi kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD1945″. ujar Gubernur Sulsel mengakhiri amanat Presiden RI tersebut.

Dalam kesempatan ini juga, Gubernur Sulsel menyematkan secara simbolis Pin tiga pilar Matra Pembangunan Desa dalam memperkuat kemandirian pangan desa kepada masing – masing perwakilan dari Babinsa, Bhabinkamtibnas dan Kepala Desa.

DSC_0990__FILEminimizer_

DSC_0992__FILEminimizer_

DSC_1026__FILEminimizer_

DSC_1033__FILEminimizer_

DSC_1034__FILEminimizer_

DSC_1035__FILEminimizer_

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

WADAN LANTAMAL VI HADIRI UPACARA HARI BELA NEGARA TAHUN 2017