KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

WADAN LANTAMAL V HADIRI PENUTUPAN PPKM 2017

210417 Tup PPKM-4

210417 Tup PPKM -1 210417 Tup PPKM-4

Lantamal V (21/4),—

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadanlantamal ) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E.  menghadiri acara penutupan latihan Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) tahun 2017 yang digelar di Auditorium Puslatlekdalsen, Kodiklatal, Bumi Moro, Surabaya, pada Jumat (21/4).

Latihan yang digelar sejak tanggal 17 April 2017 tersebut ditutup oleh Waasops Kasal Laksma TNI Mintoro Yulianto mewakili Asops Kasal . Tampak hadir dalam kegiatan tersebut para pejabat teras dijajaran Kodiklatal, serta para tamu undangan dan peserta pelatihan.

Sementara itu Asops Kasal dalam amanatnya yang dibacakan Waasops Kasal Laksma TNI Mintoro Yulianto, mengatakan terdapat beberapa hal yang perlu diupayakan dalam rangka meningkatkan kemampuan pemahaman materi latihan khususnya pemahaman terhadap mekanisme PPKM,  prosedur perencanaan operasi gabungan TNI dan kampanye militer sesuai doktrin yang berlaku.

Berbagai rencana operasi militer perang yang digelar TNI dalam bentuk kampanye militer merupakan serangkaian gabungan yang dilaksanakan secara berurutan maupun serentak guna mencapai sasaran strategis Panglima Komando gabungan melalui rencana kampanye militer.

210417 Tup PPKM-3 210417 Tup PPKM-2

“ Pangkogab akan menuangkan visi dan misi strategisnya berupa susunan rencana operasi Kogasgab-Kogasgab yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran strategis yang telah ditetapkan”, tandas Asops Kasal Laksda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, S.E.

Diakhir amanatnya Asops Kasal memberikan beberapa penekanan terhadap para peserta latihan PPKM, antara lain agar para peserta bisa menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama latihan guna meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam proses pengambilan keputusan di kesatuan masing-masing.

Selanjutnya para peserta diharapkan untuk lebih meningkatkan pemahaman, mekanisme PPKM dan prosedur perencanaan Opsgab TNI serta kampanye militer sesuai doktrin yang berlaku. Dan terakhir para peserta dapat melanjutkan hasil yang diperoleh selama latihan ke kotama-kotama dan satker masing-masing.

WADAN LANTAMAL V HADIRI PENUTUPAN PPKM 2017