KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

WADAN LANTAMAL V HADIRI PEMBEKALAN LATIHAN KEAMANAN LAUT TA.2018

050318 Pengarahan Latkamla-1

Lantamal V (5/3),—

Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadan Lantamal) V Surabaya Kolonel Marinir Nana Rukmana, S.E., mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama Edi Sucipto, S.E.,M.M., menghadiri  pembekalan kepada para peserta Latihan Keamanan Laut (Latkamla) TA.2018 di Auditorium Puslat Kaprang Kolatarmatim, Ujung, Surabaya, Senin (5/3).

050318 Pengarahan Latkamla-5

Pembekalan tersebut disampaikan Komandan Gugus Keamanan Laut Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi  mewakili Panglima Komando An’nada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M.

Tema yang digunakan dalam latihan kali ini adalah “TNI AL melaksanakan Latkamla TA 2018 di wilayah kerja Koarmatim guna menciptakan kondisi keamanan laut yang kondusif bagi para pengguna laut dalam rangka mendukung tugas TNI AL”.

050318 Pengarahan Latkamla-4

Sementara itu tujuan latihan yang ingin dicapai adalah meningkatkan kemampuan prajurit Koarmatim di bidang Keamanan Laut (Kamla). menyamakan pola pikir, pola sikap dan pola tindak serta menguji doktrin dalam pelaksanaan Operasi Keamanan Laut (Opskamla).

Dalam konsep umum penyelenggaraan latihan kali ini dibentuk satu Gugus Keamanan Laut (Guskamla) dengan menerima di bawah kendali operasi (BKO) 7 KRI dan 2 Pesawat Udara yang akan di deplot melaksanakan pengamanan di wiIayah ALKI III (3 KRI + 1 Pesud), Opskamla (4 KRI + 1 Pesud).

Maka Guskamla menerima direktif Pangarmatim untuk selanjutnya siap melaksanakan proses rencana pengambil keputusan dalam tugas mengamankan Laut Wilayah Timur Indonesia.

Kegiatan yang melibatkan sebaryak 350 personil terdiri dari Lantamal V. Lantamal VI, Lantamal VII, Lantamal VII, Lantamal Ix. Lantamal X. Lantamal XI, Lantamal XIII, Lantamal XIV. Lanal jajan masing-masing Lantamal. KRI jajaran Koarmatim, Pesud dari Wing Udara Puspanerbal dan staf latihan lainnya.

Latihan Keamanan Laut Koarmatim yang berlangsung mulai dari 5 s.d. 9 Marat 2018 akan melaksanakan materi Iatihan berupa pelaksanaan mekanisme Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) dalam Opskamla, Simulasi proses penyelesaian tindakan pidana di laut oleh KRl, Kapal Angkatan Laut (KAL), Pangkalan. Keterpaduan pola sikap, tindak dalam Opskamla.

Diskusi dan pemecahan masalah tentang Kamla. serta Produk yang dihasilkan ATP, Petunjuk Perencanaan, Prinsiap, Cara Bertindak, Renrinci, BAP.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Danguskamlatim, Perwakilan Danlantamal Wiltim, Perwakilan Para Asisten Pangarmatim, Perwakilan Asops Danlantamal Wiltim, Perwakilan Asintel Danlantamal Wiltim, Asintel Danlantamal V, Asops Danlantamal V, Para Dansat Koarmatim, Perwakilan Danlanal Wiltim, Dankolatarmatim, Danpuslatkaprang, Wadantim Intel Lantamal V, Pabanlid Sintel Lantamal V, Para Dan Unsur KRI di Pangkalan Surabaya, Perwakilan Crew Pesud Puspenerbal, Perwakilan Dan Kal Wiltim, Wasdal, Penilai serta Para Pelaku Latkamla TA. 2018.

Pangarmatim dalam sambutannya yang diwakili Danguskamlatim mengajak seluruh hadirin untuk memanjatkan puji syukur. “Marilah kita panjatkan Puji Syukur kehadirat Tuhan YME, karena atas rahmat dan hidayah kita dapat bertemu pada acara Latkamla TA. 2018 dalam keadaan sehat wal afiat”.

Sasaran yang ingin dicapai dalam pelaksanaan latihan Kemanan Laut tahun 2018 ini diantaranya meningkatnya profesionalisme, tersosialisasikannya hukum dilaut, kesamaan pola fikir yang sama sesuai prosedur dan sesuai dengan tema TNI AL melaksanakan Latkamla TA. 2018 di wilayah kerja Koarmatim guna menciptakan kondisi keamanan laut yang kondusif bagi para pengguna laut, dalam rangka mendukung tugas TNI AL.

Selanjutnya para peserta latihan menerima pembekalan materi tentang Narkoba dan jenis-jenisnya dan memerangi Narkoba yang disampaikan oleh AKBP Wisnu Candra, S.H., M.H., Kabid Pemberantasan BNNP Jatim. Pembekalan selanjutnya dari satgas 115 yang disampaikan oleh Dr. Yunus Husain, S.H Staf Khusus Satgas 115.

Setelah melaksanakan Ishoma, para peserta latihan kembali menerima pembekalan oleh Kadiskum Armatim Kolonel Laut (KH) Ismu Edy Aryanto, S.H., dan Dodi Karnida H.A., S.H., M.H. Kepala Divisi Imigrasi Sulawesi Utara.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

WADAN LANTAMAL V HADIRI PEMBEKALAN LATIHAN KEAMANAN LAUT TA.2018