KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TNI AL SIAP LUNCURKAN KAPAL CEPAT RUDAL BERTEKNOLOGI CANGGIH

By 02 Feb 2017 07:03Berita Umum
02 TNI AL SIAP LUNCURKAN KAPAL CEPAT RUDAL BERTEKNOLOGI CANGGIH (3)

Surabaya, 02 Februari 2017

 Dalam rangka mendukung kekuatan maritim yang handal, Asisten Logistik (Aslog) Pangarmatim Kolonel Laut (T) Kasih Prihantoro, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menghadiri acara First Steel Cutting Kapal Cepat Rudal 60 Meter (KCR 60) W000297, bertempat di Bengkel Fabrikasi-Divisi Kapal Perang PT.PAL Indonesia (Persero), Surabaya. Kamis, (02/02/2017)

02 TNI AL SIAP LUNCURKAN KAPAL CEPAT RUDAL BERTEKNOLOGI CANGGIH (2)PT.PAL setelah menyerahkan 3 kapal patroli 60 M Batch 1 di tahun 2014, kini kembali mengerjakan 1 kapal patroli sejenis Batch 2 di tahun ini. Kapal perang jenis kapal patroli, kapal cepat rdal 60 M (KCR 60) pada gelombang kedua ini, dikembangkan sesuai dengan keinginan TNI AL. Perbedaan pada kapal ini, terletak pada penambahan Sistem Senjata yang lebih terintegrasi serta kemampuan stabilitas yang prima untuk menjaga dan mempertahankan kedaulatan negeri.

Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan (Kabaranahan) Kemhan RI Laksda TNI Ir. Leonardi, M.Sc., didampingi Asisten Logistik (Aslog) Kasal, Laksda TNI Moelyadi, dan Direktur Utama PT.PAL Indonesia M. Firmansyah melaksanakan First Steel Cutting  di Bengkel Fabrikasi Divisi Kapal Perang.

Dalam sambutannya, Laksda Leonardi menyampaikan beberapa saat yang lalu kita telah ikuti prosesi pemotongan plat pertama (First Steel Cutting) Platform KCR 60 M untuk TNI Angkatan Laut. Prosesi pemotongan plat ini merupakan salah satu momen penting dalam proses pembangunan kapal, yang menandai dimulainya pembangunan struktur badan kapal.

Lanjutnya, Pengadaan 1 (satu) unit Platform KCR 60 M ini merupakan bagian dari program pembangunan kekuatan pertahanan untuk mendukung pelaksanaan operasi militer perang maupun operasi militer selain perang dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI. Pembangunan KCR 60 M ini merupakan salah satu bentuk pembinaan industri dalam negeri dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuannya dalam membangun KRI di masa mendatang.

Usai menghadiri acara First Steel Cutting Kapal Cepat Rudal 60 Meter (KCR 60) W000297, Aslog Kasal beserta rombongan di dampingi Komandan Satkorarmatim melaksanakan peninjauan ke KRI Sultan Nuku (SNU) – 373 Satuan Kapal Eskorta Koarmatim.

 Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Kadismatal, Kadisadal, Kadislaikmatal, Kadisopslatal, Kasubdisdalut Disadal, Kasubdisdalada Disadal, dan para pejabat dari Kemhan RI,  serta pejabat terkait dan para undangan.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

TNI AL SIAP LUNCURKAN KAPAL CEPAT RUDAL BERTEKNOLOGI CANGGIH