KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TINGKATKAN PROFESIONALITAS PRAJURIT, LANTAMAL XIII MENGGELAR LATIHAN SAR, KESEHATAN TINGKAT II DAN LATIHAN KOMUNIKASI

S1

S4

TARAKAN – Untuk menjaga keterampilan prajurit Lantamal XIII Tarakan agar tetap profesional dalam menjalankan tugasnya dan terus belajar untuk menambah ilmu pengetahuan guna mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang terus maju mengkuti perkembangan jaman maka Sumber Daya Manusia (SDM) para prajurit harus ditambah dengan melaksanakan latihan-latihan yang berkesinambungan, karena melalui latihan yang rutin baik teori maupun latihan praktek di lapangan akan menjadikan para prajurit semakin terampil dan profesional.

S3

Pagi tadi, Rabu (06/12/2017) pukul 08.15 Wita bertempat di gedung Serba Guna Mako Lantamal XIII Tarakan telah dilaksanakan Upacara Pembukaan latihan SAR, latihan Kesehatan Tingkat II (Dinas Kesehatan dan Rumkital Ilyas) dan latihan Komunikasi. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wakil Komandan Lantamal XIII Tarakan Kolonel Marinir Muhammad Nadir dan bertindak selaku Komandan Upacara adalah Dadang Sujana yang sehari-hari menjabat sebagai Pasops Satkamla Lantamal XIII.

S2

Latihan kali ini merupakan latihan gabungan yang saling berkaitan antara SAR oleh Satuan Keamanan Laut (Satkamla) dan Basarnas, Dinas Kesehatan Lantamal XIII, Rumkital Ilyas dan Satuan Komunikasi Lantamal XIII, dari latihan gabungan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit Lantamal XIII secara sistematis dalam rangka melaksanakan tugas SAR di laut. Bertindak selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat) adalah Kapten Laut (P) Teguh Subiyantoro yang sehari-hari menjabat sebagai Kaur Pullahta Sops Lantamal XIII. Pada laporan kesiapan Papelat menyampaikan bahwa waktu pelaksanaan latihan dimulai tanggal 06 sampai dengan 11 Desember 2017 yang bertempat di Mako Lantamal XIII dan diperairan Tarakan.

Personel yang terlibat dalam latihan tersebut terdiri dari 5 orang pelatih dari Basarnas Tarakan, 2 orang dari Diskes, 4 orang pelatih KOM, peserta SAR dan Latkes Tk.II berjumlah 20 orang, peserta Latkom 17 orang dan 29 pendukung. Adapun materi yang akan diterima oleh para peserta latihan terdiri dari :

– Materi latihan SAR dan Latkes Tk.II : teori pengantar Medical First Responder  (MFR), teori pemindahan korban, penanganan luka tembak, praktek pemeriksaan fisik, praktek RJP (Resusitasi Jantung Paru), praktek penanganan luka bakar, praktek penanganan shok, praktek korban jatuh di laut, praktek penanganan patah tulang, praktek pengantar water resque, teori metode pertolongan, penanganan korban tenggelam, praktek pertolongan di laut, praktek defend and release di laut, praktek simulasi penanganan korban di air.

– Materi Latihan Komunikasi : Prosedur Komunikasi Radio Telephoni (Tata cara pelaksanaan prosedur komunikasi RTF, Kirim terima radio teleponi, operasi HT, Setting dan trouble shooting HT), Prosedur Komunikasi Visual/Optis (Abjad bendera semaphore), Tata cara membaca kibaran bendera semaphore, pengenalan abjad morse lampu bidik, prosedur komunikasi isyarat lampu bidik, kirim terima isyarat kibaran semaphore, kirim terima isyarat lampu bidik.

Setelah menerima laporan Papelat, Wadan Lantamal XIII secara resmi membuka pelaksanaan latihan SAR, latihan kesehatan Tk.II dan latihan komunikasi. Selanjutnya penyematan tanda peserta latihan, pada acara amanat Inspektur Upacara Wadan Lantamal XIII membacakan amanat Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni. Selesai pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan dengan ramah tamah.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TINGKATKAN PROFESIONALITAS PRAJURIT, LANTAMAL XIII MENGGELAR LATIHAN SAR, KESEHATAN TINGKAT II DAN LATIHAN KOMUNIKASI