KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT KOARMATIM, DALAM LATIHAN OPS HANTAI

By 04 May 2017 09:31Berita Latihan
04 TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT, KOARMATIM TERLIBAT LATOPSHANTAI (3)

Surabaya, 04 Mei 2017.

Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melaksanakan  latihan Operasi Pertahanan Pantai (Ops Hantai) tahun 2017, bertindak sebagai Direktur Latihan (Dirlat) Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P.,  bertempat di Pusat Latihan Kapal Perang Koarmatim (Puslat Kaprang) Kolatarmatim, Ujung Surabaya. Kamis (04/05/2017).

04 TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT, KOARMATIM TERLIBAT LATOPSHANTAI (2)Latihan Operasi Pertahanan Pantai (Ops Hantai)  dilaksanakan selama 7 hari, yang telah berlangsung mulai tanggal  02 Mei 2017 sampai 08 mei 2017 yang terpusat di Puslat Kaprang Koarmatim. Dengan tema latihan “Koarmatim melaksanakan latihan operasi pertahanan pantai di Wilayah Timur Indonesia dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut”.  Di ikuti oleh pelaku dari prajurit Pangkalan Utama TNI AL diantaranya para Asisten Operasi Lantamal Wilayah Timur, perwakilan prajurit Koarmatim, Kolinlamil dan Pasmar I Surabaya dan sebagai Pangkogasgabhantai adalah Komandan Lantamal XI  Brigjen TNI Mar Bambang Sutrisno.

Dihari ke-3 pelaksanaan latihan Ops Hantai disimulasikan Asops Lantamal VII sebagai Pangkogasgabhantai melaksanakan  paparan tentang operasi pertahanan pantai meliputi operasi peranjauan, operasi pernika, operasi peperangan anti kapal permukaan dan operasi pertahanan di darat guna menghancurkan kekuatan pasukan amfibi lawan pada hari “H” jam “J” di pantai lampu satu  Merauke Papua dalam rangka mendukung tugas Kogab TNI, beralih ke operasi selanjutnya atas perintah.

Operasi pertahanan pantai merupakan operasi yang dilaksanakan dibawah komando tugas gabungan Opshantai yang terdiri dari komponen TNI AL sebagai kekuatan inti dengan melibatkan komponen TNI AD dan Komponen TNI AU yang diselenggarakan dalam rangka menggagalkan operasi amphibi musuh pada daerah pantai tertentu diwilayah NKRI.

Maka dari itu keberhasilan pelaksanaan operasi tidak terlepas dari siklus pembinaan latihan yang terencana, terarah, terpadu dan terus menerus dan salah satu tujuan dari latihan adalah meningkatkan profesionalitas prajurit dan Satuan sehingga mampu menjadikan prajurit TNI Angkatan Laut yang terlatih, terampil dan serta profesional.

 

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

TINGKATKAN PROFESIONALISME PRAJURIT KOARMATIM, DALAM LATIHAN OPS HANTAI