KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TIM KEMENKOPOLHUKAM BERSAMA INTANSI TNI/POLRI DAN PEMDA MERAUKE MENINJAU WILAYAH PERBATASAN LAUT DI POSAL TORASI

27 Tim Kemenko Polhukam meninjau Torasi

Merauke, 23 Maret 2017

Kepala Bidang Ancaman Terhadap Intelijen Kemenkopolhukam Kolonel Arh Pontjo Wasono K. dan Kepala Bidang Kontra Intelijen Kemenkopolhukam Kolonel Sus Drs. Andy M. Taufik, M.Def., Stud. bersama Pejabat TNI/Polri Kabupaten Merauke melaksanakan peninjauan situasi daerah perbatasan laut di wilayah kerja Posal Torasi menggunakan KM. Masehi milik Kementrian Dinas Perhubungan Kab. Merauke dalam rangka Pemantauan, Anilisis dan Evaluasi Kebijakan Wilayah Perbatasan, Intelijen dan Sistem Pertahanan Negara. (Kamis, 23/03/2017).

Menurut Komandan Lantamal XI yang diwakili oleh Asops Danlantamal XI Kolonel Laut (P) Bambang Kuncoro, S.T., bahwa tujuan dari kunjungan tersebut adalah merupakan kegiatan rutin untuk melihat secara langsung pelaksanaan pengamanan alur laut di wilayah perbatasan RI-PNG dan memberikan masukan-masukan dari satuan bawah untuk mengecek kendala apa yang dihadapi dalam satu tahun terakhir sehingga Tim Kemenkopolhukam dapat melihat secara langsung keadaan sebenarnya di lapangan bahwa sarana dan prasarana di daerah perbatasan jauh dari cukup yakni belum adanya sarana patroli secara khusus yang mana selama ini masih menggunakan alpung dari Lantamal XI dan belum tersedianya mess bagi Prajurit Penjaga Lintas Batas Negara. Dengan kunjungan tersebut, diharapkan ada tindak lanjut paling tidak adanya bantuan alpung berupa speed boat agar pelaksanaan patroli di wilayah perbatasan laut RI-PNG berjalan maksimal sehingga dapat mendeteksi dan mencegah secara dini terjadinya pelanggaran dan kegiatan illegal lainnya. Disamping itu, Pos Pelintas Batas Negara yang terletak di Kondo sebaiknya dipindahkan ke Torasi karena letaknya kurang stategis dimana selama ini pelintas batas yang akan melapor mengalami kendala karena tergantung pasang surut dan posisi letak jauh dari perbatasan laut sehingga tidak maksimal dalam memonitor kegiatan pelintas batas.

Turut mendampingi kegiatan kunjungan kerja ke Posal Torasi antara lain Danrem 174/ATW Brigjen TNI Asep Setia Gunawan, Danlantamal XI Kolonel Marinir Bambang Sutrisno, S.H., M.Tr.(Han)., Wadan Lantamal XI Kolonel Laut (P) Dr. Benny Sukandari, S.E, M.M., Asops Danlantamal XI Kolonel Laut (P) Bambang Kuncoro, S.T., Asintel Danlantamal XI Letkol Laut (T) Totok Noriyanto, S.T., Kasintel Korem 174/ATW Kolonel Inf Ayub Akbar, Kasdim 1707/MRK Mayor Arm Boby, Danyonmarhanlan XI Mayor Marinir Danang Wahyu Isbiantoro, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke Hj. Harmini, Danposal Torasi Letda Laut (E)  Sutikno, Kepala Kelompok Sarana Bantu Navigasi Pelayaran Kabupaten  Merauke Arnoldus Masela.

Kunjungan Kerja Tim Kemenkopolhukam berlangsung selama 4 hari dan dibagi menjadi dua tim yakni Tim I meninjau Perbatasan Darat di Kabupaten Boven Digul terdiri dari Asdep 1/IV Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Marsma TNI Achmad Sajili, Kepala Bidang Doktrin Pertahanan Koloner Mar Edy Djatmiko, S.Sos., Analis Pertahanan Keamanan Negara Bidang Wilayah Perbatasan Deni Daryatno, S.H. sedangkan Tim II meninjau Perbatasan Laut di Torasi terdiri dari Kepala Bidang Ancaman Terhadap Intelijen Kolonel Arh Pontjo Wasono K., Kepala Bidang Kontra Intelijen Kolonel Sus Drs. Andy M. Taufik, M.Def., Stud., Kepala Bidang Kerma Bilateral Asia dan Pasifik Drs. Imam Asyhari, M.A.

Adapun agenda kegiatan antara lain Rapat Kordinasi antara Tim Kemenkopolhukam dengan Pimpinan TNI/Polri dan Pemerintah  Kabupaten Merauke dalam rangka membahas tindak lanjut isu penemuan Kampung PNG di wilayah RI (Kampung Deto, Digo, Bankim) serta WNI yang hilang di perairan PNG tahun 2014 dan 2015 di Ruang Rapat Korem 174/ATW dipimpin oleh Asdep 1/IV Koordinator Doktrin dan Strategis Pertahanan Marsma TNI Achmad Sajili, kunjungan kerja ke Mako Lantamal XI, kunjungan kerja ke wilayah Perbatasan Darat di Kabupaten Boven Digul dan kunjungan kerja ke wilayah Perbatasan Laut di Torasi. (Dispen11).

 

TIM KEMENKOPOLHUKAM BERSAMA INTANSI TNI/POLRI DAN PEMDA MERAUKE MENINJAU WILAYAH PERBATASAN LAUT DI POSAL TORASI