KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TIM KARS SURVEI RUMKITAL SAMUEL J. MOEDA LANTAMAL VII KUPANG

By 24 Jan 2017 06:12Berita Umum
23 TIM KARS SURVEI RUMKITAL SAMUEL J (1)

Kupang, 23 Januari 2017

Rumah Sakit TNI AL Samuel J. Moeda menerima kunjungan Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). KARS adalah lembaga akreditasi independen di Indonesia yang diakui oleh pemerintah. KARS memberikan akreditasi nasional dan internasional kepada rumah sakit di Tanah Air. Setelah terakreditasi oleh International Society for Quality in Health Care (ISQua), sebuah lembaga internasional yang mengakreditasi lembaga akreditasi di beberapa negara, kini KARS setara dengan lembaga akreditasi lain di dunia. Tim KARS diterima oleh w.s. Wadan Lantamal VII Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto, Karumkital Samuel J. Moeda, Kadiskes Lantamal VII dan beberapa perwira Kesehatan, Senin (23/01/2017).

23 TIM KARS SURVEI RUMKITAL SAMUEL J (2)
Tim survei kali ini menerjunkan 2 orang yaitu dr. Petrus Martubongs, M. Kes. (Ketua tim survei akreditasi) dan Suhaerningsih, S. Kep (Anggota tim akreditasi). Kedatangan tim survei akreditasi disambut dengan pengalungan selendang khas NTT dan juga tarian khas NTT. Sebelum tim memeriksa secara keseluruhan Rumkital Samuel J. Moeda diawali dengan paparan dari Karumkit. Paparan tersebut menjelaskan tentang sejarah sampai pelayanan rumah sakit. Rumkital Samuel J. Moeda akan disurvei sesuai standar akreditasi baru yang terdiri dari 4 kelompok yaitu : standar pelayanan berfokus pasien, standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien, sasaran program MDGs. Perubahan standar perlu pula diikuti dengan perubahan instrumen akreditasi dan perubahan metode survei. Survei akreditasi lama lebih fokus ke input atau dokumen-dokumen, sedangkan akreditasi baru selain input juga proses dan output/outcome yang akan dinilai dan ditelusuri oleh para surveior.

23 TIM KARS SURVEI RUMKITAL SAMUEL J (3)Karena itu rumah sakit perlu mempersiapkan akreditasi lebih awal karena selain harus melengkapi dokumen akreditasi, juga harus melaksanakan kegiatan pelayanan yang berfokus ke pasien. Tim survei akreditasi sendiri akan memeriksa beberapa dokumen diantaranya : Kps(kualifikasi pendidikan dan staff), PPI (pencegahan dan pengendalian Infeksi), HPK (Hak pasien dan keluarga) dan SKP (Sasaran keselamatan Pasien).

Diharapkan dengan adanya akreditasi ini kedepannya akan meningkatkan kualitas dan kinerja Rumkital Samuel J. Moeda dalam memberikan pelayanan baik itu pelayanan terhadap anggota TNI terutama TNI AL dhi Lantamal VII dan juga bagi masyarakat umum di NTT. Dan diharapkan pula agar rumkital samuel j. moeda dapat meningkatkan mutu pelayanan, melalui implementasi standar akreditasi yang berorientasi kepada pasien dan agar dapat mengetahui dan menerapkan standar akreditasi baru.

(Pen Lantamal VII)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Umum Berita Lantamal dan Lanal Berita Latihan Berita Berita Operasi
Sort by

TIM KARS SURVEI RUMKITAL SAMUEL J. MOEDA LANTAMAL VII KUPANG