KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

Tim Gabungan (EFQR Lanal Nunukan dan Satgas Pamtas Yonif 621/Mtg) menangkap Sindikat Narkoba Ds. Semaja, Kec. Seimanggaris Perbatasan RI-Malaysia

Tim Gabungan (EFQR Lanal Nunukan dan Satgas Pamtas Yonif 621/Mtg) menangkap Sindikat Narkoba Ds. Semaja, Kec. Seimanggaris Perbatasan RI-Malaysia.

Tim Gabungan (EFQR Lanal Nunukan dan Satgas Pamtas Yonif 621/Mtg) menangkap Sindikat Narkoba Ds. Semaja, Kec. Seimanggaris Perbatasan RI-Malaysia

Pada hari Jumat, 16 Maret 2018, Pukul 16.00 Wita Tim Gabungan melaksanakan penggeledahan terhadap rumah pondok di Kamp Sawit Ds. Semaja, Kec. Semanggaris, perbatasan RI-Malaysia oleh Personel Gabungan, dg Kronologis sbb :

Pada hari Rabu, 14 Maret 2018, Pukul 17.00 Wita Tim EFQR Lanal Nunukan menerima informasi dari warga bahwa Pelaku yg melarikan diri saat m1embawa Narkoba jenis Sabu-Sabu yg ditemukan di Speedboat lintas batas Tawau-Sebatik saat pemeriksaan oleh anggota Jaga Posal Seipancang sesuai photo yang beredar pernah di lihat di Pondok Kamp Sawit Ds. Semaja, Kec. Seimanggaris perbatasan RI-Malaysia, dilanjutkan koordinasi Pasintel Satgas Pamtas Yonif 621/Mtg, untuk melaksanakan penyisiran di Lokasi perbatasan yg di maksud.

Pada hari Kamis, 15 Maret 2018, Pukul 06.00 Wita Tim gabungan menggunakan speed menuju Ds. Semaja, Kec. Seimanggaris, Pukul 08.00 Wita tiba di pelabuhan PT. BSI Ds. Semaja, berikut melanjutkan perjalanan darat dengan jalan kaki membuka rute baru ke lokasi tujuan SAS agar tidak diketahui.

Pukul 18.30 Wita Tim gabungan tiba di lokasi SAS yg di maksud, dilanjutkan penggeledahan di rumah pondok s.d. pukul 20.30 Wita, karena situasi gelap tidak ada penerangan ditengah kebun sawit, dilanjutkan istirahat di Pondok/TKP lokasi penggeledahan.

Pada hari Jumat, 16 Maret 2018, Pukul 07.00 s.d. 10.00 Wita Tim gabungan melanjutkan penyisiran di dalam pondok, lingkungan sekitar, sumur mata air tempat mandi di belakang pondok, kandang ayam dan kamar kecil dibelakang kandang ayam ditemukan Barang Bukti Narkoba jenis sabu sabu dalam bungkusan plastik sedang dan 2 bungkus dalam plasik kecil siap edar, berikut saat pemeriksaan di dalam pos depan rumah pondok tsb di temukan 2 Pucuk Senpi Rakitan jenis Penabur terisi peluru yg siap di tembakkan, 1 unit motor metic yang digunakan Pelaku ke Kalabakan Tawau Malaysia untuk membelikan Narkoba ditemukan di parkiran sekitar pondok.

Pada saat dilaksanakan penggeledahan di rumah pondok, ada 2 org melarikan diri ke kebun sawit, berdasarkan pengakuan awal dari Sdri. Riska, bahwa dia bersama Sdr. Irda baru kembali dari Kalabakan Tawau Malaysia melewati jalan darat menggunakan kendraan roda dua Yamaha nerox untuk membeli Narkoba di Kalabakan Tawau Malaysia. Namun saat dilaksanakan penggeledahan Sdr. Irda melarikan diri dengan 1 (satu) org tidak di kenal, kemungkinan BB (Narkoba) yg lain dibawa lari/dibuang. Rencana Narkoba tsb akan di jual kepada para pekerja tombak sawit PT. BSI setelah menerima gajian setiap tanggal 15/bulan.

Pukul 10.30 Wita 5 (lima) Orang yg ada di TKP/Lokasi kejadian dan Barang Bukti di amankan di bawa ke Kotis Satgas Pamtas TNI AD Nunukan via Speed untuk di laksanakan pemeriksaan awal.

1. Barang Bukti yang ditemukan di TKP sbb ;
a. Narkoba jenis Sabu-Sabu 1 bungkus sedang, 2 Paket kecil siap edar.
b. Senjata Penabur/ Senjata rakitan laras panjang 2 Pucuk lengkap Amonisi.
c. Amunisi rakitan 2 Buah.
d. Alat isap/Bong 5 buah beserta perangkat isap.
e. Plastik untuk membungkus Narkoba 2 lusin + 1 plastik kecil
f. Mancis/korek api gas bekas, lebih dari 10 bh.
g. Motor Metic Yamaha Mio Nerox warna kuning.
h. Uang +_ Rp.350.000
i. Hp 7 Buah
j. 5 (lima) orang yg berada di TKP/ lokasi kejadian diamankan.

3. Tindakan yg di lakukan sbb :
a. Tim Gabungan (Pos Satgas Pamtas Gabma RI-Malaysia Seimanggaris bersama Tim EFQR Lanal Nunukan mengamankan 5 (lima) Orang yg berada di lokasi kejadian/TKP, Narkoba jenis sabu-sabu, beberapa perangkat alat hisap sabu, Senjata Penabur/Sejata api rakitan, Amonisi rakitan dan kendraan roda dua Yamaha metic mrek xeron warna kuning di bawa ke Kotis Satgas Pamtas TNI AD Nunukan untuk di laksanakan pemeriksaan awal.
b. Melaksanakan koordinasi dengan Kasatnarkoba Polres Nunukan AKP Hasan.

4. Pukul 23.00 Wita dilaksanakan penyerahan yang di duga Pelaku beserta Barang Bukti ke Satnarkoba Polres Nunukan oleh Danyonsatgas Pamtas Yonif 621/Mtg diwakilkan oleh Pasi Intel Lettu Inf Wibowo Teguh untuk di lanjutkan proses hukumnya.

a. Sdri. Riska, jenis kelamin Perempuan, umur 21 Th, Alamat Ds. Kanduangan.
b. Awaludian alias Iwan, Laki-Laki, Umur 34 Th, Warga Ds.Semaja, Kec. Seimanggaris.
c. Narkoba jenis sabu-sabu seberat 5.8 Gram dan seperangkat alat hisap.
d. Uang tunai Rp.350.000.

3 (tiga) orang yang ada dilokasi kejadian di laksanakan pembinaan wajib lapor, berdasarkan hasil pemeriksaan awal kurang cukupnya alat bukti, karena saat tim gabungan melaksanakan penggeledahan hanya melintas di Pondok.

2 Pucuk senjata Penabur/senjata rakitan laras panjang beserta amonisi akan di serahkan oleh Danyonsatgas Pamtas Yonif 621/Mtg ke Pangdam IV Mulawarman.

Hasil kegiatan tersebut merupakan sinerginitas yang sudah terjalin oleh Prajurit TNI Polri yang bertugas di perbatasan.

Barang Bukti Sindikat Narkoba

Hal demikian disambut positif oleh Pimpinan TNI, kegiatan tersebut kedepannya agar lebih ditingkatkan lagi bersama-sama untuk berperang dengan Narkoba, besar harapan apa bila warga banyak yang mau melaporkan ke Aparat tentang kegiatan peredaran barang Narkoba, yang mana Narkoba tersebut di jual murah di Negara tetangga kemudian diseludupkan ke Indonesia oleh para pelaku yang sengaja memamfaatkan bisnis haram tersebut, mudah mudahan segera dapat tertangkap.

Demikian disampaikan Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Ari Aryono, S.E.sebelum menutup pembicaraanya.

@Lanal Nunukan

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Gabungan (EFQR Lanal Nunukan dan Satgas Pamtas Yonif 621/Mtg) menangkap Sindikat Narkoba Ds. Semaja, Kec. Seimanggaris Perbatasan RI-Malaysia