KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TIM EFQR LANTAMAL XIII TARAKAN TANGKAP 4 ORANG PEROMPAK DI PERAIRAN GUSUNG BURUNG (UTARA PULAU BUNYU)

E-2

E-3

TARAKAN. Sabtu (26/08) Tim Reaksi Cepat Lantamal XIII Tarakan menunjukan keprofesionalannya dalam menjalankan tugas menjaga keamanan di perairan Tarakan. Tadi pagi pukul 09.20 Wita Team Eastern Fleet Quick Response (EFQR) Lantamal XIII kembali dari patroli rutin dengan membawa 4 orang perompak yang meresahkan masyarakat nelayan di wilayah perairan Tarakan.

Komandan Lantamal XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni menyampaikan kronologis penangkapan 4 orang perompak tersebut berawal dari laporan masyarakat pada tanggal 25 Agustus 2017 pada pukul 13.30 Wita yang menyampaikan bahwa ada nelayan/pemukat yang dirompak di perairan Gusung Burung pulau Bunyu oleh orang yang tidak dikenal dengan jumlah perompak 4 orang yang mengunakan perahu jenis donfeng.

Dari hasil informasi yang diterima, Tim EFQR Lantamal XIII langsung bergerak menuju lokasi kejadian yang berada di perairan sebelah utara Pulau Bunyu. Tepat pukul 14.00 Wita Tim EFQR Lantamal XIII melihat perahu/donfeng yang mencurigakan dengan ciri-ciri seperti yang dilaporkan masyarakat, sehingga dilanjutkan dengan pengejaran. Setelah berhasil menghentikan laju perahu/donfeng tersebut, Tim EFQR melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan terhadap perahu/donfeng yang tidak bernama tersebut, dari hasil pemeriksaan didapat data informasi :

1 unit donfeng tidak bernama yang berwarna hijau putih dengan lis kuning, muatan udang 10 Kg, parang 5 buah dan kampak 1 buah, kelereng sebagai peluru senjata penabur 45 buah, HP merk Samsung 2 buah, korek api 2 buah, KTP a.n. Frengki dan foto copy ijazah pemilik perahu. Identitas 4 orang pelaku adalah Aldi Sinema (24 th), Ardi (19 th), Muhlis (37 th) dan Frengki (35 th). Selesai dilaksanakan pemeriksaan Tim EFQR melaksanakan pengawalan para pelaku perompak ke Posal Bunyu.

Sabtu (26/08) tepat pukul 08.20 Wita Tim EFQR Lantamal XIII melaksanakan pengawalan kepada para pelaku perompak beserta barang bukti ke Mako Lantamal XIII untuk menjalani proses penyelidikan lebih lanjut.

Dispen Lantamal XIII Tarakan

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TIM EFQR LANTAMAL XIII TARAKAN TANGKAP 4 ORANG PEROMPAK DI PERAIRAN GUSUNG BURUNG (UTARA PULAU BUNYU)