KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TIM EFQR LANTAMAL XIII TARAKAN GAGALKAN 5 KG SABU MASUK KE TARAKAN

sabu2

sabu1

TARAKAN. Pagi tadi, Selasa (13/06) Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni melimpahkan para pelaku pengedar beserta barang bukti sebanyak 5 kg narkotika jenis sabu-sabu kepada Kepala Badan Narkotika Nasional Kota Tarakan (Ka BNNK Tarakan)  Ibu Hj. Dr. Agus Surya Dewi, M.Pd dalam jumpa pers di Mako Lantamal XIII Tarakan untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut oleh penyidik BNNK Tarakan.

Danlantamal XIII menjelaskan bahwa dalam upaya merespon pergerakan kelompok militan maute yang berfiliasi dengan kelompok ISIS dan hingga saat ini masih terjadi pertempuran antara pasukan militer Filipina dengan kelompok maute pro ISIS di Marawi Filipina, sehingga dimungkinkan terjadinya pergerakan kelompok radikal tersebut ke Indonesia melalui jalur laut. Guna merespon kemungkinan masuknya orang asing dari Filipina melalui akses laut maka Lantamal XIII Tarakan meningkatkan intensitas patroli laut di wilayah Kalimantan Utara, serta koordinasi yang solid antar satuan khususnya mengenai informasi data intelejen.

Danlantamal XIII menuturkan bahwa informasi intelejen sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan operasi, dan ini sudah kita laksanakan seperti adanya informasi tentang Sabu-sabu yang diterima oleh Tim EFQR Lantamal XIII pada hari Minggu (11/11), dan Tim EFQR Lantamal XIII langsung bergerak menjalankan patroli khusus di perairan Juwata menggunakan Patkamla Sebatik, akan tetapi masih belum mendapatkan hasil kemudian pada ke-esokan harinya, Senin (12/11) Tim EFQR Lantamal XIII melanjutkan patroli khusus yang bergerak dari Posal Juwata. Dalam melaksanakan operasi tersebut semua perahu nelayan maupun kapal penumpang yang melintas diperiksa oleh Tim EFQR Lantamal XIII. Pada pukul 09.10 Wita melintas salah satu speed 40 PK yang mencurigakan mendekati daratan disekitar perairan Juwata, Tim EFQR Lantamal XIII langsung mengadakan pengejaran. Dari hasil pemeriksaan ditemukan narkotika jenis sabu-sabu seberat 5 kg yang dibungkus dalam 5 pack plastic bening, dan tiap-tiap pack memiliki berat 1 kg yang semuanya dimasukkan dalam plastic pampers bayi dan diletakkan di kolong kemudi speed, sehingga 2 orang pelaku yaitu inisial Sa/23th sebagai motoris dan inisial Is/38th sebagai penumpang  beserta barang bukti diamankan dan dibawa ke Mako Lantamal XIII untuk menjalani  pemeriksaan pendalaman.

Dari hasil pendalaman oleh Tim EFQR Lantamal XIII berhasil menangkap  inisial Ma yang akan mengambil barang tersebut dari Sa.

Dalam penyampaiannya pada awak media, Danlantamal XIII menjelaskan bahwa saat ini hanya sebatas pemeriksaan awal oleh Tim EFQR Lantamal XIII, untuk lebih detail akan disampaikan kemudian setelah para pelaku menjalani proses penyidikan lebih lanjut oleh penyidik BNNK Tarakan, “nantinya informasi lebih detail akan disampaikan langsung oleh Kepala BNNK Tarakan”.

Dispen Lantamal XIII Tarakan

TIM EFQR LANTAMAL XIII TARAKAN GAGALKAN 5 KG SABU MASUK KE TARAKAN