KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TIM EFQR LANAL NUNUKAN DAN SATGAS MARINIR AMBALAT GAGALKAN PENYELUNDUPAN MIRAS BERBAGAI MERK DARI MALAYSIA

Q1

Q2

TARAKAN – Jumat (15/12/2017) Tugas Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut khususnya yang berada di wilayah perbatasan memiliki tanggung jawab yang sangat besar, karena tidak hanya menjaga batas-batas wilayah negara saja, namun juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga aktivitas masyarakat di perbatasan dari berbagai macam pelanggaran. Wilayah laut perbatasan yang sangat luas membutuhkan pengawasan yang sangat intensive dari para prajurit yang memiliki mental juang di laut, tidak cukup itu saja, kerja sama tim yang solid dalam melaksanakan pengawasan juga sangat dibutuhkan khususnya mengenai informasi intelijen, sehingga pada saat Tim Eastern Fleet Quick Response (EFQR) menjalankan proses penindakan akan berjalan dengan sukses.

Pada hari Kamis, 14 Desember 2017, pukul 23.30 Wita Satgas Marinir Ambalat XXII bersama Tim EFQR Lanal Nunukan sedang melaksanakan tugas Counter Attack Terorism di wilayah Pulau Sebatik dan sekitar pukul 22.30 Wita saat Tim EFQR Lanal Nunukan berada di dermaga kayu Pancang tengah, tim menemukan 1 unit long boat/perahu kayu nelayan yang sedang sandar di dermaga kayu tersebut, setelah diadakan pemeriksaan awal, ternyata perahu tersebut bermuatan minuman jenis alkohol tanpa dokumen (illegal) yang bersal dari Malaysia dengan berbagai merk yang sudah siap untuk berangkat. Jumlah miras diperkirakan sebanyak 624 botol yang dikemas dalam 52 kotak dan dikemas lagi dalam 26 karung. Dalam pemeriksaan tersebut juga ditemukan alat hisap sabu-sabu (bong). Saat ditanya oleh petugas patroli, tersangka yang berada di perahu tersebut menyampaikan bahwa minuman alkohol illegal tersebut adalah milik saudara Sudarmin yang merupakan warga Sei Pancang, Sebatik Utara dan akan dikirim ke Tanjung Selor dengan modus mencari ikan untuk mengelabui petugas.

Q3

Dari bukti-bukti hasil pemeriksan awal yang diperoleh oleh Tim EFQR Lanal Nunukan maka Tim melaksanakan pengamanan dan pendalaman terhadap tersangka, sedangkan seluruh barang bukti berupa perahu dan minuman alkohol akan diamankan di Pos TNI AL Seipancang guna mempermudah pengawasan. Selanjutnya Tim EFQR Lanal Nunukan melaksanakan koordinasi dengan Kasatreskrim Polres Nunukan dan Polsek Sebatik sebagai saksi penangkapan dan  menyerahkan barang bukti muatan dan pelaku ke Perwakilan Bea Cukai Nunukan di Sebatik.

Adapun data yang diperoleh saat pemeriksaan adalah perahu kayu jenis pukat bawal PMN. SAMUDRA warna merah muda-hijau, Mesin Yamaha 15 PK 1 unit, +_ 3 GT.  Pemilik perahu dan juragan perahu atas nama Ruslan bin Yunus. Pemilik minuman atas nama Sudarmin, alamat Desa Pancang, Sebatik Timur. Pelaku atas nama Ruslan bin Yunus alamat Jl. Ahmad yani RT 04 Sei Pancang, Sebatik Utara. Sedangkan data muatannya adalah Minuman alkohol illegal asal Malaysia dengan berbagai merk (Labour, Redbull, Blackjack) sebanyak 624 botol dikemas dalam 52 kotak dan dikemas lagi dalam 26 karung, serta diitemukan alat hisap sabu-sabu (bong) didalam perahu saat penangkapan.

Pada pukul 11.30 Wita Komadan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Ari Aryono, S.E. melaksanakan Pressrealise di Posal Seipancang bersama Instansi yang berwenang dalam rangka penyerahan tersangka dan barang bukti ke Bea Cukasi Nunukan.

Turut hadir dalam pressrealise tersebut Danki Satgas Marinir Ambalat XXII Kapten Mar Verdy Jang Hariyanto, Danposal Sei Pancang Letda Laut (P) Kurniawan Arumbay, Danposal Sei Taiwan Letda Laut (P) Erman, Kanit Reskrim Polsek Sebatik Timur Ipda Pol Najamuddin, S.AP, Danton Satgas Marinir Ambalat XXII Sei Pancang Letda Mar Agung Priantoro, Kepala Pos Bea Cukai Sebatik Ilyas Mukhtar dan Perwakilan BC Nunukan Bpk. Summase Kasubsi Penyidikan dan Bpk. Andi Baidillah Kasubsi Penindakan.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TIM EFQR LANAL NUNUKAN DAN SATGAS MARINIR AMBALAT GAGALKAN PENYELUNDUPAN MIRAS BERBAGAI MERK DARI MALAYSIA