KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TIGA UNIT PATKAMLA PERKUAT ARMADA KAPAL PERANG JAJARAN TNI AL

By 18 May 2017 10:33Berita Umum
18 TIGA UNIT PATKAMLA PERKUAT ARMADA KAPAL PERANG JAJARAN TNI AL (1)

Surabaya, 18 Mei 2017

Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M., mewakili Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menghadiri Acara Serah Terima Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) 12 M dari PT. Rizquna Energy Persada kepada TNI AL yang di terima langsung oleh Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda (Laksda) TNI Mulyadi, S.PI., M.A.P., bertempat di gedung Satuan Pemeliharaan Material Wilayah Timur (Satharmatim), Ujung Surabaya. Kamis (18/05/2017)

Tiga unit Patkamla yang diserah terimakan dari PT. Rizquna Energy Persada kepada TNI AL diantaranya, KAL Pulau Ismoyo, KAL Minca dan KAL Pulau Sugi. Dari ketiga Unit Patkamla tersebut akan memperkuat jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) baik Wilayah Barat maupun Wilayah Timur diantaranya KAL Pulau Ismoyo diserahkan Aslog Kasal kepada Komandan Lanal Malang, KAL Minca diserahkan kepada Komandan Lanal Simeulue dan KAL Pulau Sugi diserahkan kepada Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun.

18 TIGA UNIT PATKAMLA PERKUAT ARMADA KAPAL PERANG JAJARAN TNI AL (4)Dalam amanatnya Aslog Kasal menyampaikan, dengan bertambahnya unsur patroli TNI Angkatan Laut dengan ditandai telah selesainya pengadaan tiga unit Patkamla 12 M dengan nama KAL Pulau Ismoyo, KAL Minca dan KAL Pulau Sugi hasil pengadaan Dismatal program APBN-P TA. 2016. Dengan diserahkan ketiga Patkamla secara langsung akan menambah kemampuan patroli pangkalan TNI AL, dalam menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia khususnya sebagai sarana patroli terbatas di lingkungan Lanal.

18 TIGA UNIT PATKAMLA PERKUAT ARMADA KAPAL PERANG JAJARAN TNI AL (3)Lanjutnya, tiga unit Patkamla dibangun sesuai dengan kriteria pembangunan kapal secara prosedural serta diawasi oleh tim pengawas dan biro klasifikasi Rina, sehingga telah memenuhi standar pokok pembangunan kapal. Diharapkan kapal yang dibangun memiliki tingkat Readiness dan Sustainability yang tinggi.

Diakhir amanatnya, Aslog Kasal berharap kepada Satuan penerima dan bintek terkait agar terus memonitor kondisi teknis ketiga Patkamla tersebut, berkait dengan jaminan pemeliharaan yang diberikan oleh PT. Rizquna Energy Persada.  Dan adanya ketiga unit Patkamla 12 M dapat di operasikan secara maksimal untuk mewujudkan TNI AL yang handal, disegani serta berkelas dunia.

Hadir dalam acara tersebut,   para Pejabat Utama Mabesal, Direktur PT. Rizquna Energy Persada beserta staf serta undangan lainnya.

Dispenarmatim

 

TIGA UNIT PATKAMLA PERKUAT ARMADA KAPAL PERANG JAJARAN TNI AL