KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

TANAMKAN JIWA BAHARI, LANTAMAL VII KUPANG GELAR BINTAL JUANG REMAJA BAHARI 2017

DSC_0088

Lantamal VII – Untuk menenamkan jiwa bahari pada generasi muda bangsa dan menyadarkan kembali bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa maritim perlu adanya upaya nyata, seperti yang dilakukan TNI AL dalam hal ini Pangkalan Utama Utama TNI AL VII (Lantamal VII) Kupang , dengan menggelar Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) tahun 2017,  Selasa  (20/06/2017).

DSC_0080

 

Pelaksanaan BJRB ini akan berlangsung selama tiga hari kedepan hingga Kamis (22/06), dengan rute pelayaran Kupang – Pulau Ndana rote,  Acara tersebut dibuka Wadan Lantamal VII Kupang Kolonel Laut (P) Franciscus Herman S., S.T. di Dermaga Mako Lantamal VII Kupang.

 

Sedikitnya 143 siswa dari Sekolah Menengah sederajat dari Kupang  mengikuti acara tahunan TNI AL ini,  darai jumlah tersebut 105 orang diantaranya siswa laki-laki dan 38 siswi perempuan, delapan pendamping dan 30 orang panitia yang akan diinapkan di KRI Teluk Banten-516.

DSC_0064

 

Menurut Danlantamal VII Kupang  dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Lantamal VII Kupang mengatakan bahwa Indonesia adalah negara maritim, Presiden RI Ir. Joko Widodo telah mendengungkan bahwa Indonesia harus menjadi Poros Maritim Dunia, hal tersebut mustahil terwujud bila seluruh komponen bangsa tidak sadar dan menegok kembali bahwa negeri ini adalah negara kepulauan yang memiliki lautan yang luas termasuk sumber daya alam yang terkandung didalamnya.

 

Menurutnya, kegitan BJRB ini bertujuan untuk mengingat kembali tentang jatidiri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat agar Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengola potensi sumber daya alam.

DSC_0025

 

Dalam kegiatan BJRB ini para pelajar juga akan mendapatkan berbagai penyuluhan dan pembinaan mental yang diarahkan agar rasa persatuan dan kesatuan serta keimanan dan ketaqwaan para pelajar semakin meningkat dan kegiatan ini juga merupakan wahana yang sangat tepat untuk menumbuh kembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda sebagai basis untuk membentuk sumber daya manusia kelautan yang berkwalitas.

 

Kegiatan ini dalam rangka membina mental juang remaja bahari sebagai upaya meningkatkan generasi penerus yang cinta bahari dan akan diisi materi tentang Kepemimpinan, Bintal Rohani, Pengenalan Kebaharian, Bintal Juang, Bintal Ideologi, Kenakalan Remaja dan Narkoba, dan para peserta BJRB juga akan diberikan kesempatan untuk mengikuti pelayaran dan merasakan kehidupan di kapal perang.

 

Dari kegiatan BJRB tahun 2017 ini, Wadan Lanlantamal VII Kupang Kolonel Laut (P) Franciscus Herman S., S.T.  berharap kepada seluruh peserta agar bisa menyerap semua ilmu pengetahuan yang akan diberikan sebagai bekal dan bisa diaplikasikan nantinya dalam kehidupan sehari-hari dalam keluarga dan masyarakat.

 

Turut hadir pada upacara pembukaan BJRB diantaranaya Para Asisten Danlantamal VII, Para Kadis/ Kasatker Lantamal VII, Komandan KRI Teluk Banten – 516, Para Perwira Staf Mako Lantamal VII Kupang.

DSC_0088

TANAMKAN JIWA BAHARI, LANTAMAL VII KUPANG GELAR BINTAL JUANG REMAJA BAHARI 2017