KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

STIKes MALUKU HUSADA GANDENG LANTAMAL IX LAKSANAKAN BHAKTI SOSIAL KESEHATAN DI MALUKU TENGAH

baksos kesehatan di maluku tengah (3)

Dalam mewujudkan Indonesia yang sehat dan berkomitmen untuk peduli terhadap kesehatan masyarakat di daerah pesisir Maluku, STIKes Maluku Husada menggandeng Lantamal IX Ambon untuk melaksanakan Bhakti Sosial (Bhaksos) Kesehatan di Maluku Tengah diantaranya Negeri Lima, Negeri Ureng dan Negeri Asilulu. Kegiatan dibuka langsung oleh Sekdis Kesehatan Provinsi Dr. Adonia Rerung. Sabtu, (29/04/2017).

Kegiatan Bhaksos dilaksanakan dalam rangka KKN (Kuliah Kerja Nyata) STIKes Maluku Husada Tahun 2017 yang mengambil Tema “Bhakti Kami Untuk Negeri”. Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan kebidanan, anak, umum, gigi dan khitanan massal.

Adapun jumlah pasien di masing – masing Negeri untuk Negeri Lima Pasien kebidanan 20 orang, anak 31 orang, umum 373 orang, gigi 122 orang dan khitan 8 orang, Negeri Ureng Pasien kebidanan 102 orang (IVA 49, Implant 25, USG 28), anak 68 orang, umum 240 orang, gigi 88 orang, khitan 7 orang, sedangkan di Negeri Asilulu kebidanan 42 orang, anak 24 orang, umum 393 orang, gigi 30 orang, khitan 1 orang, dengan total keseluruhan pelayanan kesehatan 1549 orang.

Selain itu, kegiatan Bhaksos menghadirkan Tim Kesehatan Dokter Obsgyn Dr. Lucas Pieter, Sp.OG, Dokter Anak Dr. Dwi Murti, Sp.A, Dokter Umum, Perawat Umum, Perawat Gigi Serda RKG Yunani serta IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Ranting Baguala.

Pesan yang dapat diambil melalui kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan ini yaitu jangan meremehkan kesehatan karena kesehatan merupakan salah satu faktor penting untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya kita tidak boleh meremehkan kesehatan badan kita. Disamping itu, harus didukung  dengan olahraga secara teratur, makan makanan bergizi, mengkonsumsi buah-buahan, istirahat yang cukup serta minum air putih yang banyak.

Diharapkan kegiatan kerjasama dengan Lantamal IX tidak berakhir dan dapat terus dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN STIKes Maluku Husada lainnya di kemudian hari. (DISPEN LANTAMAL IX).

STIKes MALUKU HUSADA GANDENG LANTAMAL IX LAKSANAKAN BHAKTI SOSIAL KESEHATAN DI MALUKU TENGAH