KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

SOSIALISASI DAN BINTEK PENGISIAN SPT PAJAK PENGHASILAN MELALUI E-FILING DI LINGKUNGAN KOARMATIM

By 22 Mar 2017 09:30Berita Umum
22 SOSIALISASI DAN PEMBINAAN TEKNIS PENGISIAN SPT PAJAK PENGHASILAN MELALUI e (3)

Surabaya, 22 Maret 2017

Kepala Staf Komando Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., menghadiri acara Sosialisasi dan pembinaan teknis pengisian surat pemberitahuan tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) wajib pajak orang pribadi melalui e-Filing di lingkungan Koarmatim, bertempat di gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, Ujung Surabaya. Rabu (22/03/2017).

Kegiatan Sosialisasi dan pembinaan teknis pengisian surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) wajib pajak orang pribadi tahun 2016 dengan aplikasi e- Filing disampaikan langsung oleh Kepala Kantor KPP Pratama Surabaya Simokerto Ibu Wahyu Elvi Nurcahyo, S.H.,M.M., kepada para Ka Akun BP, para pemegang UUDP, para Kadeplog KRI serta seluruh juru bayar di lingkungan Koarmatim.

Dalam amanat Pangarmatim yang dibacakan oleh Kasarmatim menyampaikan, Sejalan dengan perkembangan gagasan yang terjadi diberbagai negara termasuk Indonesia , peranan negara telah mengalami pergeseran dari peran sebagai pemerintah (Government) menjadi keperintahan (Governance). Terdapat tiga prinsip kepemerintahan yang berlaku secara Universal yaitu Partisipasi, Transparansi dan Akuntabilitas guna mendukung terwujudnya kepemerintahan yang baik (Good Governance).

Lanjutnya, kegiatan sosialisasi dan pembinaan teknis pengisian surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak penghasilan (PPh) wajib pajak orang pribadi tahun 2016 dengan aplikasi e- Filing, bukan merupakan hal baru di lingkungan Koarmatim. Seiring dinamika perkembangan organisasi dan kurangnya pemahaman tentang teknis pelaporan SPT tentunya pelaksanaan sosialisasi ini sangat penting untuk memberi penyegaran bagi para Ka Akun BP, Pemegang UUDP, Kadeplog KRI dan para Juru Bayar agar lebih berkualitas dan memahami yang selanjutnya akan mampu memberikan asistensi dalam pengisian SPT pajak penghasilan melalui e-Filing.

Diakhir amanatnya Pangarmatim menyambut baik dan sangat apresiatif, mengingat materi pengarahan yang disosialisasikan memiliki nilai relevansi terhadap pelaksanaan tugas kita sebagai prajurit, diharapkan kepada seluruh prajurit mendapat penjelasan secara utuh dan komprehensif sehingga tercapai kesamaan dalam pemahaman dan sekaligus mampu merealisasikan secara tepat dan benar berbagai aturan yang berlaku di tempat tugas masing – masing.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Komandan Guskamlaarmatim Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., para Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan Satuan jajaran Koarmatim serta tim dari Kantor KPP Pratama Surabaya.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman.

SOSIALISASI DAN BINTEK PENGISIAN SPT PAJAK PENGHASILAN MELALUI E-FILING DI LINGKUNGAN KOARMATIM