KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

SEMARAK HUT MARINIR KE-72 TAHUN 2017 DI YONMARHANLAN XIII TARAKAN

MAR1

MAR2

TARAKAN – Rabu (15/11/2017) Seluruh personel Mako Lantamal XIII Tarakan pagi tadi, pada pukul 06.30 Wita bergerak ke Yonmarhanlan XIII Tarakan di Jl. Binalatung RT. 06  Kelurahan  Amal, Tarakan Timur untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Marinir ke-72. Tepat pukul 08.30 Wita setelah penaikan bendera merah putih, Upacara Parade dalam rangka memperingati HUT Marinir ke-72 dimulai. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Wadan Lantamal XIII Tarakan Kolonel Marinir Muhammad Nadir dan Komandan Upacara adalah Kapten Marinir Hendra Said yang sehari-hari menjabat sebagai Pasipers Yonmarhanlan XIII Tarakan, Sedangkan pengucapan Sapta Marga adalah Serda Marinir Tomy Adi Nugroho.

Adapun bentuk susunan pasukan pada upacara tersebut terdiri dari 2 peleton prajurit Yonmarhanlan XIII, 1 peleton prajurit Mako Lantamal XIII, 1 peleton gabungan Perwira Pertama Mako Lantamal XIII dan Yonmarhanlan XIII, 1 unit Satsik Lantamal XIII serta 1 peleton Kasatker dan Perwira Menengah Lantamal XIII. Rangkaian kegiatan diantaranya terdiri dari Upacara Parade, pembacaan do’a, pemotongan tumpeng, ramah tamah dan hiburan.

MAR4

Pada sesi amanat Inspektur Upacara, Wadan Lantamal XIII membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., beliau mengatakan bahwa peringatan HUT Korps Marinir Ke-72 Tahun 2017 ini, merupakan momentum yang tepat bagi Koprs Marinir sebagai salah satu komponen TNI Angkatan Laut untuk terus memantapkan jati diri dalam pengabdian kepada bangsa dan negara. Sebagaimana tema yang diambil dalam peringatan kali ini yaitu, “Marinir Prajurit Pejuang dan Profesional”.

“Tema tersebut, memiliki makna yang cukup dalam, yaitu sebagai prajurit pejuang, prajurit Marinir dituntut untuk memiliki sikap pantang menyerah dalam melaksanakan setiap tugas yang dibebankan sedangkan sebagai prajurit profesional, prajurit Marinir dituntut untuk senantiasa membina kemampuan dan mempertajam naluri tempur dalam menyongsong setiap penugasan yang akan datang”, tegas beliau.

Disamping itu, Kasal juga mengatakan bahwa keberhasilan Korps Marinir tidak lepas dari dukungan dan kerja sama dengan masyarakat. Untuk itu, kepercayaan dan kebersamaan tersebut, harus terus dibina dan dipertahankan. Dalam kesempatan tersebut, Kasal mengucapkan penghargaan yang tinggi atas prestasi dan pengabdian para prajurit Marinir yang tidak hanya menjadi kebanggaan Korps Marinir atau TNI Angkatan Laut, tetapi juga bangsa dan Negara. Ucapan yang sama juga, Kasal sampaikan kepada masyarakat yang telah berpatisipasi dalam mendukung Korps Marinir.

mar5

Selesai  pelaksanaan Upacara Parade, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Wadan Lantamal XIII Tarakan yang berikan kepada Serma Mar Sudaryana, yang dihadiri para Asisten Danlantamal XIII Tarakan, Danyonmarhanlan XIII Tarakan Letkol Marinir Aminuddin, dan para Kasatker di jajaran Lantamal XIII Tarakan. Acara berikutnya diisi dengan ramah tamah dan hiburan bagi seluruh prajurit.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SEMARAK HUT MARINIR KE-72 TAHUN 2017 DI YONMARHANLAN XIII TARAKAN