KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

SATGAS KOARMADA III DAN PASMAR 3 SIAP DIBERANGKATKAN KE SORONG PAPUA

By 12 Apr 2018 14:23Berita Umum
12_SATGAS_KOARMADA_III_DAN_PASMAR_3_SIAP_DIBERANGKATKAN_KE_SORONG_PAPUA__2_

KOARMATIM – Surabaya, 12 April 2018

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Peresmian Koarmada III dan Pasmar 3 Laksamana Muda TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M. memberikan pengarahan awal kepada seluruh Prajurit Satgas, Panitia Peresmian dan Prajurit BKO Satgas yang akan berangkat ke Sorong Papua, bertempat di Auditorium Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolat Koarmatim, Surabaya. Kamis (12/04/2018).

12_SATGAS_KOARMADA_III_DAN_PASMAR_3_SIAP_DIBERANGKATKAN_KE_SORONG_PAPUA__4_

Pembentukan Koarmada III dan Pasmar 3 merupakan bagian dari program 100 hari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang disampaikan pada saat Fit and Proper Test di hadapan DPR RI. Keputusan Panglima TNI untuk merealisasikan pembentukan Divisi III Kostrad, Koarmada III, Pasmar 3, dan Koops AU III merupakan keputusan yang sangat tepat dan strategis khususnya dalam mengantisipasi terjadinya perkembangan lingkungan strategis baik global, regional maupun dalam negeri.

12_SATGAS_KOARMADA_III_DAN_PASMAR_3_SIAP_DIBERANGKATKAN_KE_SORONG_PAPUA__5_

Dalam arahannya Dansatgas menyampaikan, bahwa penunjukan sebagai Satgas Koarmada III dan Pasmar 3 adalah suatu kehormatan, kebanggaan, dan bagian dari tugas atau pengabdian kita kepada Negara dan Bangsa. Seluruh prajurit Satgas harus bekerja keras, tangguh, dan tidak mudah menyerah. Sehingga perjalanan tugas dalam mengawaki organisasi baru akan berjalan dengan baik.

Seluruh prajurit Satgas harus paham betul tentang kondisi umum wilayah Papua yang sangat jauh berbeda dengan wilayah tugas di Pulau Jawa baik dari segi politik, ekonomi, sosial budaya, maupun pertahanan dan keamanan. Penduduk asli Papua yang terdiri dari 466 suku dan bangsa dengan segala keberagaman watak, budaya dan sosial ekonominya.

12_SATGAS_KOARMADA_III_DAN_PASMAR_3_SIAP_DIBERANGKATKAN_KE_SORONG_PAPUA__3_

“Mengingat tantangan tugas di wilayah Papua cukup berat, pesan saya agar setiap Prajurit harus tetap mempertahankan kondisi kesehatan dan jasmaninya. Demikian juga di garis belakang, siapkan keluarga kalian dengan sebaik-baiknya”, terang Laksda TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M.

Lebih lanjut Dansatgas juga menyampaikan rencana pergeseran personel dan material dari Surabaya ke Sorong akan menggunakan KRI jenis Landing Platform Dock (LPD) pada April minggu ketiga, dengan asumsi peresmian Koarmada III dan Pasmar 3 rencanannya akan dilaksanakan pada awal Mei 2018.

Hadir pada acara tersebut, Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto, M. Tr (Han), Para Kepala Bidang Satgas, serta seluruh Perwira Staf Satgas Peresmian Koarmada III dan Pasmar 3.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S

SATGAS KOARMADA III DAN PASMAR 3 SIAP DIBERANGKATKAN KE SORONG PAPUA