KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

SATGAS KJK TAHUN 2018 KRI BIMA SUCI BERLAYAR MENUJU RUSIA

By 02 Aug 2018 13:37Berita Operasi
02 SATGAS KJK TAHUN 2018 KRI BIMA SUCI BERLAYAR MENUJU RUSIA (3)

KOARMADA II – Surabaya, 02 Agustus 2018

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II Ny. Retno Didik Setiyono melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) Sail Regatta Vladivostok Rusia dan IFR Korea Selatan, dengan KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Kamis, (02/08/2018).

02 SATGAS KJK TAHUN 2018 KRI BIMA SUCI BERLAYAR MENUJU RUSIA (4)

Pelayaran KRI Bima Suci ini yang membawa 100 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan 65 Tahun 2018 merupakan muhibah pertama kalinya setelah didatangkan sebagai Kapal Layar Latih TNI Angkatan Laut dari Vigo Spanyol. Pelaksanaan KJK di Rusia dan IFR di Korsel akan berlangsung mulai tanggal 2 Agustus s.d. 9 November 2018. Adapun rute yang dilintasi yaitu Surabaya – Batam – Zhanjiang (China) – Yeosu (Korsel) – Vladivostok (Rusia) – Qingdao (China) – Yokosuka (Jepang) – Jeju (Korsel) – Manila (Philipina) – Bitung – Surabaya. Lama pelayaran luar negeri: 77 hari dan dalam negeri: 23 hari dengan total pelayaran 100 hari yang menempuh jarak 11.187 NM.

02 SATGAS KJK TAHUN 2018 KRI BIMA SUCI BERLAYAR MENUJU RUSIA (6)

Selama pelayaran, Satgas KJK akan melaksanakan Courtessy Call dan Pertukaran Cinderamata, Open Ship, olah raga persahabatan, Cocktail Party dan Malam Kesenian (Kolaborasi) tari dan musik seperti band duta samudera, brass band, kolaborasi band, gamelan, tari saman dan rampak gendang, tari kecak, tari tanduk majeng, tari gandrung banyuwangi, tari merak, Kirab Kota (GS Taruna AAL) dan City Tour. Kegiatan event Sail Regatta dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus s.d. 14 September 2018 dan IFR di Korsel pada tanggal 10 s.d. 14 oktober 2018.

02 SATGAS KJK TAHUN 2018 KRI BIMA SUCI BERLAYAR MENUJU RUSIA (5)

Pangkoarmada II menjelaskan dihadapan awak media bahwa tujuan KJK Taruna AAL adalah melaksanakan pelayaran Navigasi lingkaran besar, Astronomi dan mempraktekan semua pelajaran profesi dasar matra laut pada keadaan sebenarnya. Disamping itu, sebagai calon Perwira melalui KJK akan membentuk mental kejuangan dan karakter prajurit matra laut, tentunya kegiatan ini memberikan wawasan kepada taruna tentang tempat yang disinggahi serta pergaulan Internasional dan peran diplomasi TNI AL dengan mempromosikan budaya Indonesia, TNI AL dan AAL, Menuju World Class Navy & World Class Naval Academy.  

02 SATGAS KJK TAHUN 2018 KRI BIMA SUCI BERLAYAR MENUJU RUSIA (2)

Hadir dalam acara tersebut, Kaskoarmada II Laksma TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, Danlantamal V Laksma TNI Edwin, S.H., para Asisten Pangkoarmada II, para Kasatker Koarmada II, para Komandan Unsur Koarmada II yang berada di Pangkalan dan para pejabat teras AAL, serta Ibu-ibu Jalasenastri dari Koarmada II dan AAL.

Kadispenkoarmada II Letkol Laut     (KH) Suratno, S.S.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Umum
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SATGAS KJK TAHUN 2018 KRI BIMA SUCI BERLAYAR MENUJU RUSIA