KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

SAFARI BINTAL TNI DI WILAYAH KOORDINASI KODAM XVIII/KASUARI TAHUN 2017 DI MAKO LANTAMAL XIV

188

Sorong, 29 November 2017. Bertempat di Gedung Dinas Anglkutan Mako Lantamal XIV Jl.Bubara No. 1 Sorong, Provinsi Papua Barat telah dilaksanakan Ceramah Safari Bintal tahun 2017 oleh Tim Pusbintal TNI di Wilayah Koordinasi Kodam XVIII/KSR yang dipimpin Laksamana Pertama (Laksma) TNI Budi Siswanto, S.T, M.A.P (Kapusbintal TNI), Pada hari Rabu tanggal 29 November 2017.

Kegiatan dihadiri oleh Brigjend TNI (Mar) Amir Faisol,S. Sos. (Danlantamal XIV), Kolonel Mar. Anif Hidayat (Wadan Lantamal XIV), Kolonel Inf. Agung Gunawan (Kasipers 171/PVT), Para Asisten Danlantamal XIV, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN Lantamal XIV, para personel jajaran TNI AD Wilayah Sorong (Korem 171/PVT, Raider 752/VYS, Denbekangdam XVIII, Denzipur Sorong), Para personel Satgas Trisila (KRI SRI-352 dan Yonif 3 Mar), ASN Korem 171/PVT, dan Bpk. Drs. Irsyadul Halim (Komisaris Baznas Wilayah Timur).

Dalam Sambutannya Danlantamal XIV mengatakan “Saya ucapkan selamat datang Kapusbintal beserta tim dari Baznas karena dengan adanya safari Bintal TNI di wilayah koordinasi Kodam XVIII/KSR bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi personel utamanya para perwira selaku atasan dalam membina mental para anggotanya semoga apa yang disampaikan tim Bintal bisa segera dapat diterima oleh personel TNI dan ASN yang bertugas di Sorong bisa diterapkan dalam pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari hari. Dengan adanya kegiatan safari Bintal diharapkan mampu memberikan penyegaran dan dukungan moril yang berarti dalam pelaksanaan tugas sehingga tercapai peningkatan kinerja”.

Sambutan Kapusbintal TNI “Pusbintal TNI bertanggung jawab memberikan ceramah di bidang rohani namun Prajurit sebagian besar mengira dan mengganggap hanya perwira rohani yang memerlukannya namun sebenarnya semua prajurit juga memerlukannya. Pusbintal terdiri dari 4 bidang antara lain : Pembinan mental rohani,ideologi, sikologi, dan tradisi kejuangan. Yang saya harapkan agar seluruhnya  diperhatikan apa yang disampaikan oleh penceramah agar mampu memahami dan memedomani serta melaksanakannya”.

Dalam ceramah Bintal yang disampaikan olel Kolonel CAJ. Drs. Nur Chamdani bertemakan “Peran Bintal Dalam Mewujudkan Prajurit yang Tangguh, Hebat, Kuat dan Diinti Rakyat”. Makna yang terkandung dari tema tersebut adalah Untuk  mengajak  para  Prajurit,  ASN  dan keluarga TNI  baik  langsung  maupun  tidak langsung  agar  lebih peka  dalam  menyikapi  situasi  perkembangn  zaman  pada era  kemajuan  ilmu pengetahuan teknologi dan  informasi, serta  pengaruhnya  terhadap  ketahanan  dan  pelaksanaan  Tugas Pokok TNI. Dengan tujuan agar memahami secara utuh pentingnya Bintal  dalam mewujudkan Prajurit, ASN dan keluarga TNI yang tangguh dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks di masa yg akan datang.

Fungsi keluarga adalah cinta dan kasih sayang (the love of family  is life’s greatest blessing), Perlindungan (rasa aman dan nyaman), Reproduksi (keturunan), Sosialisasi dan Pendidikan (awal bersosialisasi dan pendidikan), Ekonomi (kesejahteraan), Lingkungan (positif dan  sehat ), Agama (awal mengenal agama). Yang perlu diperhatikan oleh Prajurit dan ASN dilingkungan TNI diantaranya: hindari budaya konsumeristik, agar ekonomi keluarga stabil, kecanduan teknologi komputer/gadget dan sosial media akan mengakibatkan kemalasan, kebodohan dan kerusakan moral, hindari penyalahgunaan narkoba, hindari sex bebas, LGBT maupun lesbi, jauhi minuman keras (miras), cegah Ideologi yang bertentangan dengan Pancasila seperti PKI, terorisme dan radikalisme, dan cegah anarkhisme serta tawuran.

DISPEN LANTAMAL XIV

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SAFARI BINTAL TNI DI WILAYAH KOORDINASI KODAM XVIII/KASUARI TAHUN 2017 DI MAKO LANTAMAL XIV