KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

RSAL ILYAS TARAKAN SAMBUT HARI ARMADA RI TAHUN 2017, DENGAN MELAKSANAKAN SEMINAR KESEHATAN

kes2

kes-3

TARAKAN- Kamis (23/11/2017) Dalam rangka memperingati HUT Armada RI tahun 2017, pihak Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (Rumkital) Ilyas Tarakan, kembali menyelenggarakan seminar kesehatan yang berjudul “PENATALAKSANAAN TERKINI PENYAKIT KRONIK DAN IMPLEMENTASI RUJUKAN BERJENJANG”. Kepada insan media, Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni mengatakan bahwa pelaksanaan seminar yang dilakukan oleh Rumkital Ilyas ini dirangkaikan dengan HUT  Armada RI tahun 2017, yang sebenarnya jatuh pada 5 Desember 2017. Meski hari Armada RI jatuh di bulan Desember, namun Laksma TNI Ferial Fachroni menjelaskan bahwa menjelang perayaan hari Armada tersebut, akan ada beragam kegiatan yang akan disodorkan oleh pihak Lantamal XIII, seperti bhakti sosial, lomba-lomba keterampilan dalam upaya mempertahankan profesionalitas prajurit dan sebagainya.

kes-4

Dari seminar kali ini, Danlantamal XIII menginginkan agar pelayanan RSAL Ilyas Tarakan kepada masyarakat Kaltara dapat memberikan yang terbaik. Tak hanya itu, melalui seminar kali ini, juga dijelaskan terkait apa saja fasilitas yang sudah diperoleh pihaknya dalam pelayanan Rumkital Ilyas, tingkatan kemampuan SDM dan rujukan yang dimulai tingkat pertama hingga lanjutan, tingkat klinik sampai pada tingkat rumah sakit.

Melalui hal tersebut, Danlantamal XIII menyatakan dukungannya kepada kegiatan seminar ini, sebab ini sudah menjadi bagian dari kewajiban beliau. Tak hanya itu melalui seminar ini juga, Danlantamal XIII menjadikan sebagai tanda cerminan bagi Lantamal XIII sendiri. “Mudah-mudahan semuanya dapat bermanfaat bagi kita semua,” harap beliau.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit (Karumkit) TNI Angkatan Laut (RSAL) Ilyas Tarakan, Letkol Laut (K) Imam Suhada SP THT KL.M.KES, M.TR Hanla mengatakan, tujuan pihaknya melaksanakan kegiatan seminar ini, ialah untuk menjalin silaturahmi bersama dengan dokter umum dan dokter gigi yang berasal dari puskesmas se-Provinsi Kalimantan Utara.

Selain itu, pihaknya ingin meningkatkan ilmu kedokteran, terutama pada penyakit kronis yang selama ini banyak Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), serta mengundang pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk menerapkan peraturan pemerintah untuk melaksanakan sistem aturan pelayanan kesehatan rujukan secara berjenjang. “Jadi dengan adanya sistem rujukan ini, kami dapat membantu sistem pelayanan masyarakat Tarakan. Biar tidak terjadinya penumpukan pasien di salah satu fasilitas kesehatan di Tarakan, serta dapat memberikan kenyamanan kepada pasien saat menunggu antrean,” tutur beliau.

Dikatakan Karumkital Ilyas, kegiatan seminar kali ini, ialah sebagai awal kegiatan yang dilakukannya sejak menjabat sebagai Karumkit yang baru. Beliau mengaku bangga sebab diawal kegiatan seminar ini, pihaknya telah mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. “Karena respon yang kami terima ini bagus, jadi akan ada seminar-seminar berikutnya, yang selalu mengupdate ilmu untuk rekan-rekan RSAL,” ujar beliau.

Perlu diketahui, menyambut hari Armada RI ini, RSAL Ilyas akan melaksanakan dua kegiatan, yakni seminar dan sunatan masal serta donor darah yang sudah dilaksanakan di Klinik Utama Carsa. Hal ini juga merupakan program dari Lantamal XIII. “Memang itu sudah menjadi perintah dari Komandan Lantamal XIII kepada kami untuk melaksanakan kegiatan yang memperingati hari Armada RI ini,” kata beliau.

Melalui hal ini, Karumkital Ilyas berpesan bahwa dalam acara seminar ini, dapat berguna untuk dokter umum dan dokter gigi yang berada di FKTP, untuk selalu mengupdate ilmu kesehatan, sebab ini berhubungan dengan kesehatan masyarakat. “Mudah-mudahan kita bisa bekerjasama dalam melakukan pelayanan kesehatan, jadi sama-sama dalam menunjang kesehatan masyarakat Kota Tarakan,” pungkas beliau.

Bertindak selaku narasumber dalam acara seminar tersebut adalah :

  1. Penatalaksanaan diabetes militus dr. I Made Budi W. M. Blomed. Sp.PD.
  2. Penatalaksanaan Asma Terkini dr. M. Irfan Ilmi, Sp. P. FAPSR
  3. Tatalaksana kegawatdaruratan respirasi dr. Landosar P. Sp.An.
  4. Implementasi rujukan berjenjang oleh Kepala cabang BPJS Kesehatan Kota Tarakan.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

 

RSAL ILYAS TARAKAN SAMBUT HARI ARMADA RI TAHUN 2017, DENGAN MELAKSANAKAN SEMINAR KESEHATAN