KOARMATIM - Komando Armada RI II - TNI Angkatan Laut

RIBUAN WARGA MEMADATI LAPANGAN APEL MAKO LANTAMAL X UNTUK MELAKSANAKAN SHOLAT IDUL FITRI 1439 H

IED1

Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., bersama ribuan warga masyarakat sekitar Mako Lantamal X memadati lapangan apel Mako Lantamal X untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1439 H/2018 M. Jum’at (15/06/2018).

Tema Pada pelaksanaan shalat Idul Fitri 1439 H adalah “Dengan Hikmah Puasa Ramadhann, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri 1439 H/2018 M Kita tingkatkan Keimanan dan Ketakwaan kepada Allah SWT sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas pokok TNI”.

Acara diawali dengan penyampaian tata cara melaksanakan sholat Idul Fitri yang disampaikan oleh panitia dilanjutkan dengan pelaksanaan salat Idul Fitri yang dipimpin oleh Imam Ustad Muhammad Husein Al Maliki, S.Pd.I dan diteruskan dengan khotbah Idul Fitri yang disampaikan oleh khotib Ustad Mukhlash Abdullah Al Mahmudiy, S.Pd.I.

Komandan Lantamal X Pada kesempatan ini menyampaikan,  terima kasih kepada seluruh panitia atas terselenggaranya Sholat Idul Fitri 1439 H yang berjalan dengan tertib dan lancar, saya sangat bangga dan senang karena Mako Lantamal X masih menjadi tujuan utama untuk melaksanakan salat Idul Fitri bagi warga masyarakat sekitar. Dan ini merupakan wujud kedekatan antara TNI dan rakyat serta menjadikan TNI dicintai rakyat menjadi nyata.

IED2Sementara itu dalam kotbahnya khotib Ustad Mukhlash Abdullah Al Mahmudiy, S.Pd.I menyampaikan, Idul Fitri berarti kembali kepada fitrah kemanusiaan. Seluruh rangkaian ibadah dibulan Ramadhan, Sholat, puasa, zakat ditambah dengan Sholad Ied dimaksudkan untuk mengembalikan fitrah kemanusiaan kita. Rukun Islam yang kelima mengajarkan bahwa “Kemanusiaan” hanya bisa dikembalikan dengan penolakan terhadap setiap bentuk penindasan seperti yang diungkapkan kalimat sahadat, mengingat terus kebesaran Allah seperti yang kita lakukan dalam Sholat, mengendalikan hawa nafsu seperti tampak dalam ibadah puasa, menumbuhkan empati, menunjukan solidaritas sosial terhadap sesama manusia seperti yang tampak dalam perintah zakat dan mengarahkan seluruh hidup kita hanya kepada Allah seperti yang dilambangkan dalam gerakan haji. Semua ini disimpulkan pada Idul Fitri, kembali pada fitrah kemanusiaan.

Lebih lanjut, hari ini adalah waktu yang paling tepat bagi seorang istri untuk meminta maaf dan memohon Ridho kepada suaminya, Ketahuilah bahwa Rasullullah pernah menegaskan “andai ada makhluk yang bisa dijadikan tempat bersujud selain Allah maka pasti akan saya perintahkan istri-istri untuk sujud kepada suaminya. Jika seorang istri meninggal dalam keadaan beriman, menjaga Sholat, memelihara kehormatan diri, dan diridhoi oleh suaminya maka dia pasti masuk surga. Sedang sebagai suami ketaatan kepada Allah, mendidik anak kita menjadi anak-anak yang sholeh, membimbing dan mengarahkan istri kita menjadi istri yang sholehah mengurus keluarga bukan hanya dengan sisa-sisa waktu, sisa-sisa tenaga, dan sisa-sisa fikiran serta senantiasa mentarbiyah diri sendiri agar layak menjadi pemimpin dalam tumah tangga yang Mawaddah  wa rahma, sebab hanya biduk yang seperti ini saja yang bakal mampu mengatasi gelombang badai Hedonisme, Materialisme, di samudera kehidupan.

(Dispen Lantamal X)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

RIBUAN WARGA MEMADATI LAPANGAN APEL MAKO LANTAMAL X UNTUK MELAKSANAKAN SHOLAT IDUL FITRI 1439 H