KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

RI 1 KUNJUNGI TURKI, KRI BUNG TOMO-357 SIAGA PENGAMANAN

By 07 Jul 2017 11:30Berita Operasi
07_RI_1_KUNJUNGI_TURKI

Mersin, 06/07/2017.

KRI Bung Tomo-357 pada hari Kamis pagi kembali merapat di pelabuhan Mersin Turki, di sela sela pelaksanaan misi perdamaian PBB di laut Mediterania Lebanon. Kunjungan ke Turki ini merupakan kunjungan  yang kedua kalinya. Pelabuhan Mersin adalah salah satu pelabuhan tempat sandar unsur unsur Maritime Task Force UNIFIL selain Pelabuhan Beirut Lebanon dan pelabuhan Limassol Cyprus untuk melaksanakan pembekalan ulang serta pemeliharaan kapal.

07_RI_1_KUNJUNGI_TURKI__2__-_CopyKedatangan KRI Bung Tomo-357 ke Mersin kali ini bertepatan dengan kunjungan resmi Presiden Joko Widodo ke Ankara Turki, sehingga Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo selaku Komandan KRI Bung Tomo-357 segera  memerintahkan para prajuritnya untuk bersiaga penuh dalam rangka turut mengamankan kunjungan Presiden RI. “Presiden adalah simbol negara, sehingga keamanan dan keselamatan presiden adalah juga menjadi tanggung jawab TNI dimanapun bertugas”, tegas Perwira Alumni AAL tahun 1995.

Selain itu, menurut Perwira Menengah TNI AL yang juga menjabat sebagai Komandan Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda XXVIII-I/UNIFIL ini, KRI Bung Tomo-357 akan terus berkoordinasi dengan Pihak KBRI Turki dan Paspampres untuk menjamin keamanan Presiden RI selama kunjungannya di Turki dengan menggelar patroli di perairan Turki, sehingga bila dibutuhkan atau dalam kondisi darurat maka KRI Bung Tomo-357 bisa menjadi alternatif escape route VVIP.

“Hal ini merupakan bentuk kesiapan dan bagian dari tugas melekat TNI dalam pengamanan VVIP di manapun berada, baik terlibat secara langsung maupun tidak langsung”, pungkasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

RI 1 KUNJUNGI TURKI, KRI BUNG TOMO-357 SIAGA PENGAMANAN