KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

RATUSAN PELAJAR LEBANON KUNJUNGI KRI BUNG TOMO – 357

By 13 Dec 2016 07:24Berita Operasi
13-ratusan-pelajar-lebanon-kunjungi-kri-bung-tomo-4

Beirut. Sebagai duta bangsa indonesia, Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 yang mengawaki KRI Bung Tomo – 357 selain sebagai penjaga perdamaian juga melaksanakan misi memperkenalkan kebudayaan Indonesia melalui program Open Ship. Ini merupakan Open Ship kedua yang diselenggarakan oleh KRI Bung Tomo-357 yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Lebanon. Senin(12/12/2016).

13-ratusan-pelajar-lebanon-kunjungi-kri-bung-tomo-3Berbeda dengan Open Ship sebelumnya, selain jumlah pelajar yang mencapai 101 orang, kali ini Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh RI untuk Lebanon, H.A. Chozin Chumaidy juga turut menyaksikan secara langsung pelaksanaan Open Ship KRI Bung Tomo-357.

Dalam sambutannya, Duta Besar mengatakan bahwa kegiatan Open Ship merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan TNI, TNI AL dan bangsa Indonesia. “Para pelajar Lebanon tersebut suatu saat akan menjadi pimpinan negeri ini, oleh karena itu dengan kegiatan Open Ship KRI Bung Tomo – 357 diharapkan mereka akan lebih dekat dan mengenal Indonesia baik dari kultur budaya, pariwisata, dan khususnya kekuatan TNI “, kata H.A. Chozin Chumaidy.

13-ratusan-pelajar-lebanon-kunjungi-kri-bung-tomo-2Setelah sambutan Duta Besar RI untuk Lebanon, acara dilanjutkan dengan Ship Tour, dimana para pelajar Lebanon bisa melihat langsung kecanggihan sistem senjata dan teknologi KRI Bung Tomo-357. Setelah Ship Tour, para pelajar Lebanon disuguhkan dengan penampilan kesenian tradisional Indonesia yaitu diantaranya Tari Teruna Jaya, Tari Pitung, Tari Jaranan, Tari Saman dan ditutup dengan tari Gemu Famire. Kemeriahan  persembahan tari tradisional Indonesia yang dibawakan oleh para Prajurit Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 mendapatkan sambutan luar biasa yang dapat dilihat dengan turut sertanya para pelajar Lebanon menari bersama para prajurit.

“Saya sangat senang berada di antara Prajurit prajurit Indonesia, mereka adalah tentara yang ramah, sopan dan menghargai masyarakat Lebanon, dan tarian yang ditampilkan pun sangat menarik dan indah”, kata Karen, salah satu siswa SMA Antonine Lebanon.

Turut hadir pada kegiatan Open Ship KRI Bung Tomo – 357, selain Duta Besar Luar Biasa RI Berkuasa Penuh untuk Lebanon H.A. Chozin Chumaidy, hadir pula Anggota Pemerintah Provinsi dan Dewan Keluarga Masjid (DKM) Jawa Barat yang sedang melaksanakan studi banding di Lebanon, Staf KBRI, staf dan tenaga pengajar SMU Antonine.

Pen Satgas Maritim TNI , Konga XXVIII-I/UNIFIL 2016

RATUSAN PELAJAR LEBANON KUNJUNGI KRI BUNG TOMO - 357