KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

RATUSAN ANGGOTA JALASENASTRI IKUTI PAP SMEAR DAN CBE DI BK DRIYOREJO

250418 Pap Smear BP Driyorejo-7

Lantamal V (25/4),—

Sedikitnya 200 orang istri prajurit TNI AL (Jalasenastri) mengikuti tes Pap Smear dan CBE yang digelar Korcab V DJAT dan Diskes Lantamal V di Balai Pengobatan Kota Baru Driyorejo, Gresik, Rabu (25/4).

250418 Pap Smear BP Driyorejo-2

Wakil Ketua Koordinator Cabang V (Wakil Ketua Korcab V) Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Hanike Sinaga mewakili Ketua Kocab V DJAT Ny Wenny Edwin meninjau pelaksanaan pemeriksaan Pap Smear dan CBE di BP Driyorejo, Diskes Lantamal V sendiri dalam pelaksanaannya menggandeng Laboratorium Parahita.

250418 Pap Smear BP Driyorejo-3

Turut mendampingi Wakil Ketua Korcab V DJAT Ny. Hanike CT. Octavianus Sinaga dalam kunjungan tersebut antara lain Seksi Sosial Korcab V DJAT Ny Johannes Tambunan, Kadiskes Lantamal V Kolonel Laut (K) dr. Asih Pudji Widodo, Letkol Kasubdiskesum Diskes Lantamal V Letkol Laut (K) Yusuf, Ka BP Driyorejo dr. Rahma triana dan 2 orang petugas dari laboratorium Parahita serta 200 orang pasien yang akan melaksanakan pap smear.

250418 Pap Smear BP Driyorejo-5

Wakil Ketua Korcab V DJAT menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kadiskes Lantamal V yang telah membantu pelaksanaan Pap Smear dan CBE dalam rangka pembinaan kesehatan preventif dilingkungan TNI AL Korcab V DJAT di Balai Pengobatan Driyorejo, Gresik.

Sementara itu Kadiskes Lantamal V Surabaya Kolonel Laut (K) dr. Asih Pudji Widodo juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Jalasenastri Lantamal V Surabaya yang telah memberikan masukan dan ide sehingga acara ini bisa terselenggara.

“Terima kasih kami ucapan terima kasih kepada Jalasenastri Korcab V DJAT atas ide dan saran sehingga acara pemeriksaan pap smear dan CBE bisa terselenggara dengan baik,” ujarnya.

Selanjutnya Kadiskes juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada laboratorium Parahita yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Tujuan dilaksanakannya acara ini lanjut Pudji,  adalah untuk membantu para ibu-ibu khususnya para istri TNI AL yang tinggal di perumahan Driyorejo agar tidak usah pergi jauh-jauh kalau hanya untuk memeriksakan diri.

 “Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kita ibaratnya jemput bola dalam arti istri para prajurit TNI AL dan warga sekitar BP Driyorejo tidak perlu datang jauh-jauh kerumah sakit yang lebih besar kalau hanya untuk memeriksakan diri (pap smear dan CBE, red). Di BP Driyorejo ini kita bisa laksanakan. Selain itu dengan dilaksanakan disini, berarti ibu-ibu masih bisa beraktivitas untuk mengurus kebutuhan rumah tangganya,” tandasnya.

Ka BP Driyorejo dr. Rahma triana dalam ceramah kesehatan tentang Bahaya kanker servik yang dihadiri oleh 200 orang menyampaikan bahwa Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Leher rahim sendiri berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Semua wanita dari berbagai usia berisiko menderita kanker serviks. Tapi, penyakit ini cenderung memengaruhi wanita yang aktif secara seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memiliki gejala. Gejala kanker serviks yang paling umum adalah pendarahan pada vagina yang terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause. Meski terjadi pendarahan, belum berarti Anda menderita kanker serviks. Untuk memastikan penyebab kondisi Anda, segera tanyakan kepada dokter. Jika dicurigai terdapat kanker serviks, rujukan menemui dokter spesialis akan diberikan.

Usai ceramah kesehatan selesai dilanjutkan dengan tanya jawab dan peninjauan langsung oleh Wakil Ketua Korcab V DJAT yang didampingi oleh seksi Sosial  korcab V DJAT, Ketua Ranting  “J”.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

RATUSAN ANGGOTA JALASENASTRI IKUTI PAP SMEAR DAN CBE DI BK DRIYOREJO