KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

PRAJURIT LANTAMAL XIV LAKSANAKAN LATIHAN SELAM DASAR

259

Sorong, 28 Maret 2018. Pabandya Opslat Sops Lantamal XIV Mayor Laut (P) Dwi Afiandi, S. E. selaku koordinator olahraga selam didampingi Kaur Faslabuh Dissyahal Kapten Laut (P) Saiful Aprianto mengajak prajurit Lantamal XIV untuk latihan selam dasar. Kegiatan latihan menyelam ini diikuti oleh sekitar 35  prajurit Lantamal XIV dari strata Perwira, Bintara dan Tamtama dan dilaksanakan di Kolam Renang Tanpa Garam Beach, Kota Sorong, Prov. Papua Barat.

Sebelum pelaksanaan latihan menyelam Pabandya Opslat Sops Lantamala XIV menyampaikan, “Prajurit TNI terutama yang berdinas di KRI harus bisa menyelam, karena bila suatu saat dalam melaksanakan penugasan terjadi trouble tak terduga, maka tiap-tiap personel yang mengalami trouble tersebut bisa mengatasi dengan cepat dan sigap. Sebagai anggota TNI Angkatan Laut minimal kita bisa menguasai keterampilan menyelam dan berenang, karena secara teknis kita diharuskan bisa dan menguasai, karena kita prajurit TNI Angkatan Laut. Dalam pelaksanaan pelatihan menyelam ini jangan terlalu memaksakan diri, bagi yang belum menguasai teknik menyelam maka akan sangat beresiko, sehingga pada saat personel melaksanakan latihan selam dasar ini faktor yang paling utama adalah utamakan keselamatan personel dan juga material”.

Para peserta latihan selam dasar ini sebelum melaksanakan latihan terlebih dahulu mengenal alat dan peralatan selam. Kaur Faslabuh Dissyahal mengenalkan jenis dan fungsi masing-masing peralatan sekaligus tata cara penggunaan alat selam yaitu pengenalan tentang penggunaan alat selam Regulator, Octopus, Presure, tabung selam, Fin, dan Snorkel. Beberapa saat paska penjelasan peralatan dan fungsi masing-masing peralatan tersebut, para peserta latihan sebelum latihan menyelam melaksanakan pemanasanan peregangan otot-otot dan latihan berenang menggunakan Fin, snorkel dan masker  agar pada saat menyelam dan berenang tidak terjadi keram, karena bila terjadi keram akan sangat beresiko. Kegiatan latihan menyelam dasar ini dimaksudkan untuk memicu gaya sebagai seorang prajurit TNI AL terutama bagi prajurit Lantamal XIV.

Hadir dalam kegiatan latihan selam dasar tersebut, Dansatrol Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Budi Santosa, Kadiskum Letkol Laut (KH) Budi Santoso, S. H., Kadiskes Lantamal XIV Letkol Laut (K) Muhammad Nurdin, A. Md., Wadan Tim Intel Lantamal XIV Mayor Mar Alfredo Yowel Antaribaba, Kadispen Lantamal XIV Mayor Laut (E) Mudiyono, Kaur Ops Tim Intel Lantamal XIV Lettu Laut (P) Ardias Martanto, Palaksa Kal Wayag Lettu Laut (P) Indra Utomo, Danunit Intel-2 Pamgal Tim Intel Lettu Laut (P) Wahyu Hidayat, S. S.T. Han., Paur Lat Bandya Letda Laut (P) Herdy Perasojo, Paum Kumter Letda Laut (KH) Ferdian Susetyo, S. H., serta Bintara dan Tamtama Lantamal XIV.

DISPEN LANTAMAL XIV

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PRAJURIT LANTAMAL XIV LAKSANAKAN LATIHAN SELAM DASAR