KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PRAJURIT LANTAMAL VII KUPANG ADAKAN AKSI PUNGUT SAMPAH DI SEPANJANG PANTAI DI PASAR OEBA

DSC_0308

Lantamal VII – Lewat kekayaan yang terkandung di dalamnya, bumi tempat tinggal kita telah memberikan kehidupan, namun seiring dengan bertambah tua usia bumi, kerusakan akibat perilaku manusia yang menempatinya semakin parah, oleh Karena itu dalam rangka rangkaian hari bumi  dan menyambut Coral Triangle Day tanggal 8 mei 2017,  Wadan Lantamal VII Kupang  Kolonel Laut (P) Franciscus Herman S., S.T Memimpin langsung aksi pembersihan di sepanjang  garis pantai pasar oeba, berupa aksi nyata membersihkan sepanjang garis pantai pasar oeba dari sampah kertas, plastik dan styrofoam, yang di ikuti seluruh personil Lantamal VII dan Yonmarharlan VII Kupang, Jumat (28/04/2017)

 

Diharapkan kegiatan ini dapat kembali membakar semangat warga untuk mencintai lingkungan hidup, aksi pungut sampah bertajuk “No More Marine Debris” dan pesan dari NTT untuk dunia “Jang Ada Lai Sampah di Laut” tersebut melibatkan seluruh warga dan nelayan di sekitaran pasar oeba dan Intstansi samping lainnya serta relawan mahasiswa Komunitas peduli lingkungan  yang ada di kota kupang, “Lokasi pembersihan di tepi pantai, dengan demikian kita punya tanggung jawab menjaga lingkungan terutama pantai agar tetap bersih, nyaman dan lestari, karena di pantai ada keberlangsungan kehidupan manusia maupun biota laut yang harus kita jaga. Jadi pantai bukan buat hari ini saja, tapi juga buat masa depan bangsa kita.

 

Kegiatan seperti ini sebenarnya sudah seringkali diselenggarakan. aksi pungut sampah dilakukan di sepanjang garis pantai pasar oeba, dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran manusia khususnya warga sekitar agar lebih peduli terhadap planet bumi yang ditinggalinya ini. di Indonesia, hari bumi diperingati dengan berbagai cara, diantaranya dengan gerakan pungut sampah, penanaman pohon dan pemberian edukasi kepada masyarakat akan pentingnya penyelamatan bumi.

 

Wadan Lantamal VII Kupang juga berharap “Semoga saja tahun-tahun berikutnya kita bisa terus-menerus memperingati Hari Bumi Sedunia dengan kegiatan postif semacam ini lagi. Kita tidak bisa membiarkan bumi kita terus tereksploitasi dan rusak. Toh nantinya manfaat positif dari lingkungan yang nyaman, bersih dan lestari akan dirasakan sendiri oleh masyarakat sekitar.”

DSC_0308

.

PRAJURIT LANTAMAL VII KUPANG ADAKAN AKSI PUNGUT SAMPAH DI SEPANJANG PANTAI DI PASAR OEBA