KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PRAJURIT LANTAMAL VI LATIHAN ATASI KEBAKARAN DENGAN FIRE HYDRANT

16 PRAJURIT LANTAMAL VI LATIHAN ATASI KEBAKARAN DENGAN FIRE HYDRANT (1)

Makassar, 16 Maret 2017

Mengantisipasi bahaya kebakaran, Prajurit Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VI menggelar latihan mengatasi memadamkan api didermaga layang Mako Lantamal VI Kamis 16/-3/2017, latihan yang melibatkan seluruh personil Lantamal VI  ini menitik beratkan  dengan menggunakan fire hydrant.

16 PRAJURIT LANTAMAL VI LATIHAN ATASI KEBAKARAN DENGAN FIRE HYDRANT (5)Hydrant adalah alat pemadam kebakaran yang terhubung dengan sumber air bertekanan. Alat ini bermanfaat untuk pemadaman api tanpa membuat penggunanya khawatir terhadap kekurangan pasokan air. Hadir dengan dua varian, yakni cabang satu dan cabang dua, hydrant pillar diperuntukkan untuk pemakaian outdoor. Perbedaan cabang satu dan cabang dua terletak pada berapa sumber air yang dapat dialirkan saat penggunaan.

Di atas permukaan tanah, hydrant pillar adalah sebuah pilar berwarna merah yang dapat dihubungkan dengan selang pemadam kebakaran saat dibutuhkan. Di bawah permukaan tanah, alat ini memiliki sistem instalasi yang terintegrasi dengan komponen-komponen pendukung lainnya seperti pipa utama pengalir air, pipa bertekanan serta support block untuk alas dan penyangga.

Mayor Laut (P) Ali Sadikin  selaku perwira operasi  menyampaikan Tujuan dari pelatihan ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keahlian tentang teknik-teknik pencegahan dan penanggulangan kebakaran di tempat atau di lingkungan kerja.

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah mengaplikasikan teknik penanggulangan dan pemadaman kebakaran berdasarkan media pemadaman termasuk cara penggunaan selang hydrant. Penggunaan hydrant untuk memadamkan kebakaran membutuhkan keahlian khusus dari petugasnya. Peralatan yang digunakan pun lebih beragam

Mayor Laut (P) Ali Sadikin  mengatakan Bahwa setiap personel yang ada di Lantamal VI harus tahu dan memahami betul apa yang harus dilakukan  bila ada bahaya kebakaran.

Pen Lantamal VI

 

PRAJURIT LANTAMAL VI LATIHAN ATASI KEBAKARAN DENGAN FIRE HYDRANT