KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

PRAJURIT KRI LAKSANAKAN DRILL JUNGLE SURVIVAL DI HUTAN BAKAU KOARMADA II

13_PRAJURIT_KRI_LAKSANAKAN_DRILL_JUNGLE_SURVIVAL_DI_HUTAN_BAKAU_KOARMADA_II

Surabaya, 13 Juli 2018

Setelah kemarin para peserta latihan jungle and survival prajurit KRI Koarmada II melaksanakan Drill Sea Survival, hari ini sebanyak 184 prajurit dari Satkor, Satsel, Satfib, Satkat, Satran dan Satban Koarmada II melaksanakan Drill Jungle Survival, bertempat di lapangan Ambalat Koarmada II, Ujung Surabaya. Jum’at, (13/07/2018).

13_PRAJURIT_KRI_LAKSANAKAN_DRILL_JUNGLE_SURVIVAL_DI_HUTAN_BAKAU_KOARMADA_II_1

Perwira Operasi Latihan (Paopslat) Letkol Laut (P) Y.Y. Tamoni sebelum memulai latihan drill jungle survival menyampaikan kepada tim pendukung apa yang sudah direncanakan dapat diterapkan dengan baik, tentunya pastikan faktor keamanan, jujur kita katakan jungle and survival baru dilaksanakan di tingkat Kotama, harapannya latihan ini akan menjadi referensi latihan berikutnya.

Dalam drill jungle survival kali ini, problem yang dihadapi di tiap Pos yang berjumlah 5 Pos bukanlah yang sebenarnya, para peserta hanya mempelajari dan mengenal lokasi yang akan dihadapi pada pelaksanaan Gladi lapangan mulai hari Senin tanggal 16 Juli.

13_PRAJURIT_KRI_LAKSANAKAN_DRILL_JUNGLE_SURVIVAL_DI_HUTAN_BAKAU_KOARMADA_II_3

“Para instruktur dari Kolatkoarmada II dan Satkopaska Koarmada II yang telah menempati pos pastikan seluruh peserta dalam kondisi baik setiap tiba di pos berikutnya, karena tim kesehatan Diskes Koarmada II selalu siap melaksanakan dukungan kesehatan selama latihan, untuk Denmalat kita bekerja di hari Jum’at, sebelum jam 12 kita akan selesaikan latihan, karena bagi teman-teman muslim akan melaksanakan Sholat Jum’at, tidak lupa logistik agar diatur dengan baik”,ujarnya.

13_PRAJURIT_KRI_LAKSANAKAN_DRILL_JUNGLE_SURVIVAL_DI_HUTAN_BAKAU_KOARMADA_II_5

Ditambahkan oleh Mayor Mar Kuswandi yang menjabat Kadep GKK Puslat Pasrat Kolatkoarmada II bahwa, para peserta akan menghadapi 5 Pos yang terdiri dari Pos I Pembuatan Api, Pos II Membuat bivak dan jebakan binatang, Pos III Menangkap Ular, Pos IV Memilih  makanan yang dapat dimakan selama di hutan, Pos V Melempar pisau atau kampak.

13_PRAJURIT_KRI_LAKSANAKAN_DRILL_JUNGLE_SURVIVAL_DI_HUTAN_BAKAU_KOARMADA_II_4

Diawali start dengan melaksanakan kompas sebelum menuju Pos 1, para peserta akan melintasi hutan bakau di sekitar Dermaga Semampir Baru Koarmada II dan menuju ke Pos berikutnya tetap menggunakan Kompas, adapun jarak dalam drill jungle survival ini adalah 1.000 meter dengan problem yang dihadapi di setiap Pos harus diselesaikan dalam waktu 10 menit, dan pada pelaksanaan sebenarnya Latihan Jungle and Survival Prajurit Koarmada II akan dilombakan siapa yang menjadi tim tecepat.

          Kadispenkoarmada II Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PRAJURIT KRI LAKSANAKAN DRILL JUNGLE SURVIVAL DI HUTAN BAKAU KOARMADA II