KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PRAJURIT KRI BUNG TOMO – 357 TAMPIL MEMBANGGAKAN DENGAN KESENIAN INDONESIA

By 10 Oct 2016 03:11Berita Armada
10-prajurit-kri-bung-tomo-3

Beirut, Oktober 2016

Beirut. Dalam rangka Resepsi Diplomatik untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Lebanon bekerjasama dengan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 dalam hal ini prajurit KRI Bung Tomo – 357 menampilkan beragam kesenian traditional khas Indonesia di depan pejabat pemerintahan dan para tokoh masyarakat Lebanon, para Duta besar dan perwakilan diplomatik negara sahabat, serta ratusan masyarakat  Lebanon yang memadati tempat resepsi dan sangat antusias menikmati alunan musik angklung, kenthongan, gendang serta berbagai jenis alat musik traditional Indonesia yang dipadukan dengan kelembutan dan ketangkasan gerak tari maupun tampilan kostum pakaian adat tradisional nusantara oleh para prajurit KRI TOM – 357. “Prajurit laut yang mentalnya sekuat baja bisa memainkan alat tradisional Indonesia serta mampu mempersembahkan tarian dengan gerakan yang lembut membuat saya kagum”, kata miss Nouhad, salah seorang  Staf KBRI.

10-prajurit-kri-bung-tomo-2Acara diawali dengan menyanyikan lagu nasional kedua negara dan dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Duta Besar Indonesia berkuasa penuh untuk Lebanon, Bapak Achmad Chozin Chumaidi serta sepatah kata dari juru bicara Parlemen Lebanon, Mr. Nabih Berri.

Dalam sambutannya, Duta Besar RI mengatakan bahwa secara geografis Indonesia letaknya jauh dari Lebanon, namun hati rakyat Indonesia dengan rakyat Lebanon telah menyatu dan Lebanon sudah seperti rumah sendiri bagi kami. Oleh karena itu dengan kedekatan hubungan Bilateral Indonesia dengan Lebanon, pihak KBRI untuk Lebanon dan Kontingen Garuda TNI dalam hal ini Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 mempersembahkan musik angklung, Tari Teruna Jaya, Tari Pitung, Jaranan, Tari saman serta Gemu Famire sebagai salah satu bentuk diplomasi berbasis budaya sebagai rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 71 yang diadakan di Ballroom Hotel Phoenicia. Rabu(5/10/2016).

Penampilan tim kesenian di bawah Komando Komandan Satgas Maritim TNI, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, sudah ramai dibicarakan di kalangan KBRI, pejabat militer maupun sipil Lebanon serta di media media lokal di Lebanon sejak penampilan pertamanya ketika tampil pada acara Peringatan 10 tahun Kontribusi Kontingen Garuda TNI UNIFIL di Lebanon akhir Agustus silam. Kesuksesan penampilan kesenian sebelumnya membuat masyarakat Lebanon rindu dengan kesenian tradisional Indonesia yang menurut mereka sangat menghibur dan mengandung banyak makna tentang kehidupan rakyat Indonesia yang sederhana dan ramah.

“We need such a performance which makes us entertained. I personally admire what the Indonesian sailors done, they have made their country to be proud. Love Indonesia”, kata salah seorang tokoh masyarakat Lebanon. Kemeriahan penampilan kesenian KRI TOM dirasakan oleh seluruh tamu yang hadir, hal ini bisa dilihat dengan antusiasme ikutnya mereka menari bersama dengan tim kesenian Satgas.(Pen Satgas).

PRAJURIT KRI BUNG TOMO - 357 TAMPIL MEMBANGGAKAN DENGAN KESENIAN INDONESIA