KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PRAJURIT KOARMATIM CEGAH SEJAK DINI BAHAYA DIABETES MELITUS

By 20 Oct 2016 06:14Berita Umum
20-prajurit-koarmatim-cegah-sejak-dini-bahaya-diabetes-melitus-4

 Surabaya, 20 Oktober 2016

Dalam rangka menjaga kesehatan prajurit Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Koarmatim Kolonel Laut (K) dr. Sapta Prihantono Rachman, Sp. BA., menggelar Ceramah Kesehatan tentang Penanganan dan Pencegahan Diabetes Melitus, yang secara resmi dibuka oleh Asisten Personel (Aspers) Pangarmatim Kolonel Laut (P) Syamsul Rizal, S.H.,M.M., di Lounge Room Diskes Koarmatim. Kamis, (20/10/2016).

20-prajurit-koarmatim-cegah-sejak-dini-bahaya-diabetes-melitus-2Kadiskes Koarmatim dalam sambutannya menyampaikan, sebagai seorang prajurit selain dibutuhkan fisik dan mental prima dalam menjalankan tugas maupun aktivitas sehari-hari. Pencegahan berbagai penyakit salah satunya yaitu diabetes harus dimulai dari diri sendiri,  melalui berolahraga dan mengecek darah apakah kita terkena diabetes atau tidak. Penyuluhan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) diharapkan dapat dijadikan sumber informasi penting dalam menjaga kesehatan dari penyakit tersebut.

Selanjutnya, Aspers Pangarmatim sebelum membuka ceramah kesehatan mengatakan bahwa, kita semua hadir disini dalam keadaan sehat walafiat. Walaupun ada catatan kesehatan bagi sebagian prajurit, dengan berobat maka kita dapat mengingat penyakit apa yang kita alami. Dengan Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau Prolanis adalah suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan yang menderita penyakit kronis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Aspers Pangarmatim juga menghimbau kepada Diskes Koarmatim untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, dan bagi seluruh prajurit Koarmatim agar lebih peduli dalam menjaga kesehatan, melalui olahraga ataupun melakukan check up kesehatan secara rutin dan berkala, sehingga dapat mengurangi dampak penyakit melalui kegiatan Prolanis.

20-prajurit-koarmatim-cegah-sejak-dini-bahaya-diabetes-melitus-4Mengawali ceramah kesehatan, Kasubdis Kesum Koarmatim Mayor Laut (K) dr. M.Solikhin, Sp. KFR., menyampaikan materi tentang Hidup sehat dengan jalan kaki selama 150 menit / Minggu. Bagi prajurit sebelum melaksanakan olahraga tersebut diwajibkan makan terlebih dahulu 1-2 jam sebelum latihan. Siapkan minuman dan makanan kecil selama dan sesudah latihan. Kenakan sepatu olahraga yang benar dan memperhatikan keadaan serta kesehatan kaki (misal pada kasus-kasus insentive foot atau charcot foot). Melakukan latihan bersama teman, tidak seorang diri dan tetap waspada kemungkinan terjadinya exercise induced hypogycemia.

Dalam ceramah kesehatan berikutnya, Letkol Laut (K) Drs. Lestiono, Apt. SpFRS., menyampaikan tentang Sindroma Metabolik yang artinya kumpulan gejala yang terdiri dari gangguan toleransi glukosa, hipertensi, dislipedemia, obesitas perut, gangguan penggumpalan darah dengan resistensi insulin sebagai penyebab utama. Sedangkan penyuluhan kesehatan yang terakhir oleh Ibu Yayuk Estu, S.Gz., M.Kes., yang merupakan Ahli Gizi dari Rumkital dr. Ramelan  menyampaikan tentang Faktor yang mempengaruhi asupan gizi melalui diet yang tepat kepada penderita diabetes.

 

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

 

PRAJURIT KOARMATIM CEGAH SEJAK DINI BAHAYA DIABETES MELITUS