KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

PORT VISIT INDOMALPHI 2018 UPAYA MENUMPAS TERORISME DI PERAIARAN SULU

ASOPS DANLANTAMAL XIII MEMIMPIN UPACARA PENYAMBUTAN DI DERMAGA MALUNDUNG

DANLANTAMAL XIII TERIMA KUNJUNGAN 3 KOMANDAN KAPAL PERANG INDONESIA, MALAYSIA, PHILIPHINA

TARAKAN – Rabu (04/04/18) Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta menerima kunjungan tiga Komandan Kapal perang, dua diantara nya Kapal perang negara tetangga yang terlibat dalam latihan Port Visit Indomalphi 2018 di ruang Maritime Command Centre (MCC) Mako Lantamal XIII. Unsur-unsur yang terlibat dalam latihan tersebut adalah KRI SIDAT-851 dari Indonesia, KD Baung-3509 dari Malaysia dan BRP General Mariano Alvarez dari Philipina.
Port Visit Indomalphi 2018 merupakan kerja sama Trilateral Maritime Patrol (Indonesia-Malaysia-Philippine) yang melibatkan 126 orang personil dari ke-Tiga negara. Latihan ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dari ketiga negara yang siap membasmi pelaku tindak kejahatan yang terjadi di perairan laut Sulu. Laut Sulu merupakan daerah laut yang rawan terhadap tindakan terorisme yang sering dilakukan oleh kelompok Abu Sayaf. Laut Sulu merupakan laut perbatasan dari tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Philippine.Pada pukul 10.40 Wita para Komandan Kapal dan Perwira kapal masing-masing negara melaksanakan Courtesy Call (CC) ke Komandan Lantamal XIII Tarakan, dalam acara tersebut Danlantamal XIII memberikan cendera mata kepada ke tiga Komandan Kapal perang, dilanjutkan dengan foto bersama dan ditutup dengan acara press release dengan para awak media cetak dan elektronik Tarakan

Dipenghujung acara CC tersebut, Danlantamal XIII melaksanakan foto bersama dengan ke tiga Komandan Kapal perang peserta latihan Trilateral Port Visit Indomalphi 2018 yang di dampingi oleh Wadan Lantamal, Asintel, Asops, Aspotmar, Aspers dan Dansatrol Lantamal XIII. Kegiatan ini merupakan bentuk rangkaian dari kegiatan Port Visit Indomalphi 2018, yang sebelumnya pada pukul 09.00 Wita telah dilakukan upacara penyambutan kedatangan dari ke tiga Kapal perang tersebut di dermaga umum Malundung Tarakan. Dalam upacara penyambutan tersebut dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Donny Suharto yang sehari hari menjabat sebagai Asisten Operasi Danlantamal XIII dan sebagai Komandan Satgas dalam latihan Trilateral Indomalphi 2018.

 

Dispen Lantamal XIII

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PORT VISIT INDOMALPHI 2018 UPAYA MENUMPAS TERORISME DI PERAIARAN SULU