KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PERWIRA KORPS PELAUT TNI AL WILAYAH SURABAYA IKUTI SOSIALISASI PUSHIDROSAL

By 05 Jul 2017 13:02Berita Umum
05_SELURUH_PERWAKILA_PERWIRA_KORPS_PELAUT__TNI_AL_WILAYAH_SURABAYA_IKUTI_SOSIALISASI_PUSHIDRISAL__1_

Surabaya, 05 Juli 2017

Perwakilan Perwira  Korps Pelaut TNI AL Wilayah Surabaya mengikuti  kegiatan sosialisasi tentang peran, tugas dan fungsi Pusat Hidrologi Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal), yang merupakan Lembaga Hidrografi Militer maupun sebagai Hidrografi lembaga nasional. Dengan pembicara yaitu Kapushidrosal Laksamana Muda (Laksda) TNI  Drs. Ir. Harjo Susmoro, S.H., M.H., bertempat di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, Ujung, Surabaya. Rabu (05/07/2017).

05_SELURUH_PERWAKILA_PERWIRA_KORPS_PELAUT__TNI_AL_WILAYAH_SURABAYA_IKUTI_SOSIALISASI_PUSHIDRISAL__6_Dalam sosialisasi Kapushidrosal menyampaikan tentang kemampuan Pushidrosal dalam survei dan pemetaan Hidro – Oseanografi di seluruh perairan Indonesia, survei untuk kepentingan militer / pertahanan, survei alur pelabuhan umum dan alur sempit. Selain itu, melaksanakan survei pelabuhan perikanan, survei pelabuhan batubara (pel. khusus), survei untuk mitigasi bencana, survei coastal management perbaikan peta laut dan pembuatan peta laut baru, pembuatan peta khusus pemanduan alur peningkatan sumber daya manusia melalui sekolah hidrografi produk pushidrosal mempunyai legalitas hukum.

Dalam sambutannya Pangarmatim Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P.,  yang dibacakan Kasarmatim Laksma TNI I.N.G Ariawan S.E., M.M., menyampaikan, Pushidrosal adalah Komando utama pembinaan TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung di bawah kasal yang bertugas menyelenggarakan pembinaan Hidro Oseanografi (Hidros). Meliputi survei, penelitian, pemetaan laut, publikasi, penerapan lingkungan laut dan keselamatan navigasi pelayaran, baik untuk kepentingan TNI maupun untuk kepentingan umum dan menyiapkan data serta informasi wilayah pertahanan di laut dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Laut.

05_SELURUH_PERWAKILA_PERWIRA_KORPS_PELAUT__TNI_AL_WILAYAH_SURABAYA_IKUTI_SOSIALISASI_PUSHIDRISAL__7_Seiring dengan kebijakan pemerintah untuk menjadikan sektor maritim sebagai salah satu prioritas pembangunan nasional, kontribusi sektor Hidro-Oseanografi baik dari aspek profesi maupun teknis akan semakin dibutuhkan. TNI Angkatan Laut menjadi suatu keniscayaan untuk mewujudkan cita-cita indonesia sebagai poros maritim dunia yang berdaulat, maju, kuat serta mampu memberikan kontribusi positif bagi keamanan dan perdamaian kawasan serta dunia sesuai dengan kepentingan nasional akan terakomodir dengan baik.

Indonesia memiliki kepentingan fundamental untuk menguasai dan memanfaatkan laut karena Indonesia memiliki identitas dan budaya maritim yang kuat, dalam memanfaatkan posisi strategis untuk kemaslahatan bangsa dan menciptakan keamanan di kawasan sesuai dengan amanat konstitusi. Pengakuan Internasional telah memperkuat cara pandang mendasar bangsa Indonesia dan wawasan nusantara, tidak hanya sebagai bangsa yang merdeka tetapi juga dengan keutuhan wilayah tanah air yang berbentuk kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

Pemerintah Republik Indonesia dalam keanggotaan resmi organisasi internasional yaitu International Hydrographic Organization (IHO) dan sekaligus sebagai anggota Komisi Hidrografi Asia Timur atau East Asia Hydrographic Commission (EAHC). Terkait dengan hal di atas, maka Pangarmatim menyambut baik dan sangat apresiatif terhadap kegiatan ini. “Materi yang disosialisasikan memiliki nilai relevansi dan nilai strategis terhadap pelaksanaan tugas kita sebagai prajurit TNI AL, selanjutnya kepada seluruh peserta sosialisasi agar mengikutinya dengan seksama, sehingga kesempatan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya”, Ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Komandan Guspurlatim Laksma TNI Rachmad Jayadi M.Tr (Han), Irarmatim Kolonel Laut (T) Amrein, Para Sahli Pangarmatim, Para Asisten Pangarmatim, Para Kasatker Pangarmatim, perwakilan perwira Mako Koarmatim, Kodiklatal, Lantamal V,Pasmar 1 Surabaya, perwakilan kementerian perhubungan, Syahbandar dan seluruh perwakilan peserta sosialisasi.

 

Dispenarmatim.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PERWIRA KORPS PELAUT TNI AL WILAYAH SURABAYA IKUTI SOSIALISASI PUSHIDROSAL