KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PERINGATI HARI DHARMA SAMUDRA LANAL MAUMERE BERSIH PANTAI BERSAMA MASYARAKAT NELAYAN

IMG-20180115-WA0013

Lanal Maumere – Upacara peringatan Hari Dharma Samudera dilaksanakan di Mako Lanal Maumere dengan melibatkan seluruh prajurit Lanal Maumere, siswa siswi SMK 2 Maumere serta siswa siswi dari Madrasah Aliyah Muhammadiyah Nangahure yang merupakan sekolah binaan melalui program Pramuka Saka Bahari dan Program Binpotmar Lanal Maumere. Senin (15/01/2017)

IMG-20180115-WA0013

 

Pada kesempatan tersebut, Komandan Lanal Maumere, Kolonel Marinir Sumantri membacakan amanat Bapak Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E, M. A. P dimana diantaranya disampaikan bahwa, Hari Dharma Samudera yang diperingati setiap tanggal 15 Januari, merupakan kegiatan untuk mengenang peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 15 Januari 1962, dimana pada saat itu telah terjadi pertempuran laut yang melibatkan tiga kapal cepat torpedo TNI Angkatan Laut.

 

 

Yakni Kapal Perang RI Macan Tutul, RI Harimau dan RI Macan Kumbang menghadapi kapal perang kerajaan Belanda yang lebih modern dan canggih. Komodor Yos Sudarso yang saat itu menjabat sebagai Deputi Kasal, on board di atas RI Macan Tutul sebagai Senior Officer Present Afloat (Sopa). Bersama awak kapal perang RI Macan Tutul guna melakukan misi operasi Dwikora pembebasan Irian Barat. Namun pada peristiwa tersebut, beliau akhirnya gugur sebagai kusuma bangsa.

 

 

KRI Macan Tutul yang melakukan patroli sekaligus misi pendaratan bagi sukarelawan asal Irian ke Kaimana itu berangkat bersama KRI Macan Kumbang dan KRI Harimau, 3 kapal cepat torpedo yang dimiliki ALRI pada masa itu.

IMG-20180115-WA0014

 

Misi itu merupakan bagian dari Operasi Trikora yang didengungkan oleh Bung Karno pada 19 Desember 1961. Isi seruan itu ialah kibarkan Sang saka marah putih di Irian, Gagalkan pembentukan negara boneka Papua oleh Belanda, dan bersiaplah untuk mobilisasi umum guna menjaga persatuan dan kesatuan.

 

 

Pertempuran sengit sempat terjadi, saat Yos Sudarso mengambil oper pimpinan dan segera memerintahkan serangan tembakan balasan. Dengan tindakan seperti itu maka tembakan musuh terpusat pada KRI Macan Tutul.

 

 

Melalui Radio Telefoni, Yos Sudarso menyampaikan pesan tempurnya “Kobarkan Semangat Pertempuran” sesaat sebelum KRI Macan Tutul tenggelam. Akhirnya Yos Sudarso beserta 25 awak kapal gugus sebagai kusuma bangsa. Diantara awak kapal yang gugur antara lain Kapten Memet dan Kapten Wiratno.

 

Memaknai peringatan Hari Dharma Samudera tersebut, pada hari Jumat, tanggal 12 Januari 2018 Komandan Lanal Maumere menyelenggarakan acara doa bersama yang dilaksanakan di Masjid Al Hikmah Nangahure Lembah dan mengajak seluruh masyarakat nelayan yang tinggal di sekitar Mako Lanal Maumere melaksanakan aksi bersih bersih pantai dengan mengumpulkan sampah plastik, kertas dan termasuk sampah kain serta sampah limbah lainnya.

 

 

Melalui kegiatan bersih pantai yang juga melibatkan ibu ibu Jalasenastri Cabang 3 Korcab VII  tersebut, Komandan Lanal Maumere juga menyampaikan muatan edukasi kepada masyarakat nelayan Desa Nangahure Lembah yakni perihal kebersihan lingkungan. Dimana hal hal penting yang disampaikan oleh Komandan Lanal Maumere diantaranya, agar masyarakat senantiasa memperhatikan serta turut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan khususnya kebersihan pantai dan laut dimana dua lokasi tersebut merupakan tempat untuk mencari nafkah khususnya bagi masyarakat nelayan, masyarakat pesisir. Dengan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan tersebut akan memberikan kenyamanan, keasrian, kesehatan serta pendapatan rejeki yang melimpah karena laut dan pantai tetap terjaga kebersihannya sehingga biota laut yang ada dapat berkembang biak dengan baik tanpa terhambat oleh pencemaran yang diakibatkan oleh sampah dan limbah lainnya.

IMG-20180112-WA0002

 

Namun demikian, lebih jauh Komandan Lanal Maumere menegaskan bahwa perhal kebersihan tersebut harus dimulai dari masing masing keluarga dengan tidak membuang sampah sembarangan misalnya, dan apabila sudah menjadi kebiasaan bagi tiap tiap keluarga, niscaya masalah kebersihan lingkungan tersebut disamping akan memberikan jaminan kesehatan dan kenyamanan bagi masyarakat nelayan juga tentunya akan terus memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka bahwa Pantai Nangahure yang bersih lingkungan serta tumbuh suburnya terumbu karang yang ada sangat layak dijadikan destinasi wisata baik untuk wisata pantai maupun wisata bawah air.

 

 

Seluruh rangkaian kegiatan upacara Hari Dharma Samudera di Mako Lanal Maumere tersebut diakhiri dengan kegiatan Tabur Bunga yang dilaksanakan di areal Dermaga Lanal Maumere. Tabur bunga yang dipimpin oleh Komandan Lanal Maumere dan didampingi oleh Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab VII ibu Dwi Astuti tersebut diikuti oleh seluruh peserta upacara guna mengenang jasa para Pahlawan Samudera yang menggelorakan semangat perjuangan dan pesan tempurnya,  “Kobarkan Semangat Pertempuran”

IMG-20180115-WA0016

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PERINGATI HARI DHARMA SAMUDRA LANAL MAUMERE BERSIH PANTAI BERSAMA MASYARAKAT NELAYAN