KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PERINGATI 1 MUHARAM 1438 H, KOARMATIM TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN

By 07 Oct 2016 06:24Berita Armada
07-peringati-1-muharam-koarmatim-tingkatkan-keimanan-dan-ketaqwaan-2

Surabaya. 07 Oktober 2016.

 Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram bertajuk “Dengan Hikmah Peringatan Tahun Baru Islam  1438 H/2016 M Tingkatkan Keimanan dan Ketaqwaan, Sebagai Landasan Moral dan Spiritual TNI yang Kuat, Hebat, Profesional serta Dicintai Rakyat” yang berlangsung di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) Koarmatim Ujung Surabaya. Jum’at (07/10/2016).

Peringatan tahun baru Islam yang diikuti oleh seluruh Prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS) Koarmatim ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an surat Al Isra’ ayat 78-84 oleh Kolonel Laut (P) Mulyadi yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Slamet Riyadi (SRI)-352.

07-peringati-1-muharam-koarmatim-tingkatkan-keimanan-dan-ketaqwaan-1Tahun baru Islam yang ditetapkan sejak jaman Khalifah kedua Umar Bin Khattab Radiallahu Anhu sejak wafatnya Rasulullah, merupakan kesepakatan kaum muslim karena di dalamnya terkandung nilai, kepentingan dan hikmah yang sangat besar dalam rangka penyebaran ajaran agama Islam dan upaya menegakkan keadilan dan menghancurkan kebatilan.

Dalam amanatnya Pangarmatim menyampaikan, peringatan 1 Muharram 1438 H merupakan peristiwa simbolis yang mengandung harapan bagi umat Islam untuk meraih pengharapan yang lebih baik. Yaitu ditandai dengan peristiwa hijrahnya Nabi Besar Muhammad SAW dari Kota Makkah ke Madinah. Dari peristiwa tersebut dapat diambil hikmah dan nilai-nilai ketauladanan, semangat juang, keteguhan, keimanan dan sikap percaya diri dalam meninggalkan keburukan menuju kehidupan yang lebih baik.

Peringatan 1 Muharram 1438 Hijriyah yang bertepatan dengan peringatan HUT TNI ke-71 hendaklah dijadikan sebagai momentum untuk membangun soliditas dan menggalang kebersamaan dengan rakyat guna meningkatkan pengabdian kepada Bangsa dan Negara, lanjut Pangarmatim.

 Usai menyimak sambutan Pangarmatim, peringatan 1 Muharram diisi dengan tausiah oleh Drs. K.H. Abdurrahaman Navis, S.E.,M.A.P. selaku anggota Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jawa Timur yang menyampaikan tentang sejarah peringatan 1 Muharram serta hikmah dari peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW bagi umat manusia. Peringatan 1 Muharram diakhiri dengan pembacaan do’a oleh Drs. K.H. Abdurrahaman Navis, S.E.,M.A.P.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI I.N.G. Ariawan, S.E.,M.M., Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. I.N.G. Ariawan, Para Pejabat Utama Koarmatim, Para Komandan Satuan Koarmatim, Para

Komandan Unsur yang berada di Pangkalan, serta Pengurus Daerah Jalasenastri Armatim.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

 

PERINGATI 1 MUHARAM 1438 H, KOARMATIM TINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN