KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PENUTUPAN LATIHAN VBSS DAN LDD PMK LANTAMAL XIII TARAKAN TAHUN 2017

IMG-20171120-WA0007

IMG-20171120-WA0005

Tarakan, Senin (20/11/2017) bertempat di gedung Serbaguna Mako Lantamal XIII Tarakan, Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Muhammad Nadir memimpin Upacara Penutupan Latihan Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) dan Latihan Dalam Dinas (LDD) Pemadam Kebakaran (PMK). Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Pasops Satkamla Lantamal XIII Kapten Laut (P) Dadang Sujana, kegiatan diawali dengan laporan Perwira Pelaksana Latihan Mayor Marinir Supriyadi, dilanjutkan dengan pelepasan tanda peserta latihan dan pemberian sertifikat.

IMG-20171120-WA0004

Dalam amanat Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni yang dibacakan oleh Wadan Lantamal XIII, beliau menyampaikan bahwa setelah para Personel peserta latihan VBSS mendapatkan pelatihan dan keterampilan serta pengetahuan mengenai penanganan terhadap tindak kejahatan di laut dari Tim Komando Pasukan Katak (KOPASKA) Armatim, maka dengan demikian Tim VBSS Lantamal XIII harus sudah siap untuk bergabung dalam suatu operasi apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Latihan VBSS ini merupakan sebuah kebutuhan mendasar dalam upaya pembinaan kemampuan dan kekuatan, hal ini terutama disebabkan bahwa hingga saat ini di wilayah kerja Lantamal XIII masih rentan terhadap potensi ancaman tindak kejahatan di laut khusunya dari dan menuju perairan Tarakan.

Selanjutnya untuk para peserta LDD PMK, Komandan Lantamal XIII menyampaikan bahwa LDD pemadam kebakaran merupakan salah satu bentuk dari pembinaan kemampuan Prajurit yang berorientasi pada penajaman kemampuan dukungan yaitu pada kesiap siagaan penanggulangan akibat kebakaran yang dapat terjadi sewaktu waktu, oleh karena adanya unsur kelalaian, kesalahan Personel ataupun sebab-sebab lainnya. Dengan demikian latihan PMK inipun menjadi sebuah keharusan guna mampu melakukan tindakan preventif dengan baik dan benar maupun tindakan lanjutan manakala kebakaran yang terjadi sudah mencapai tingkatan yang lebih besar.

Turut hadir dalam kegiatan penutupan latiahan VBSS dan LDD PMK Para Asisten Danlantamal XIII, Kasatker dan Pamen Lantamal XIII serta 5 orang Pelatih dari Satpaska Armatim. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

(Dispen Lantamal XIII)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PENUTUPAN LATIHAN VBSS DAN LDD PMK LANTAMAL XIII TARAKAN TAHUN 2017