KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PEMBUKAAN LATIHAN KOMUNIKASI CARAKA TAHUN 2016 KOARMATIM

By 13 Dec 2016 07:11Berita Latihan
13-pembukaan-latihan-komunikasi-caraka-tahun-2016-2

Surabaya 13 Desember 2016

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit Diskomlek Koarmatim, diselenggarakan Latihan Komunikasi (Latkom) Caraka Koarmatim yang dimulai tanggal 13 s.d. 19 Desember 2016 dan diikuti sebanyak 73 personel Koarmatim Korps Komunikasi. Letkol Laut (E) Agus Sriyono Himarwanto mewakili Kadiskomlek Koarmatim Kolonel Laut (P) Sukarnoto, S.T., M.Sc., membuka latihan tersebut di Gedung Serbaguna  Diskomlek Koarmatim, Ujung Surabaya. Selasa, (13/12/2016).

Dengan pesatnya perkembangan teknologi Militer kali ini, komunikasi dan elektronika menjadi tujuan dalam menentukan suatu keberhasilan setiap pelaksanaan kegiatan operasi  oleh karena itu TNI AL khususnya Koarmatim dibutuhkan personil yang memiliki tingkat pengetahuan dan ketrampilan yang memadai agar dalam pelaksanaan tugas kedepan dapat terlaksana secara optimal, ujar Kadiskomlek Koarmatim dalam amanatnya yang dibacakan oleh Letkol Laut (E) Agus Sriyono Himarwanto selaku Kasubdisniskom Diskomlek Koarmatim.

Lebih lanjut, penyelengaraan Latkom Caraka Koarmatim secara komprehensif diharapkan dapat menghasilkan personil TNI AL yang profesional, pada akhirnya dapat mewujudkan TNI AL berkelas Dunia.

Selain itu, tercapainya tingkat kesiapan dan kemampuan komunikasi Koarmatim, sehingga memperbaiki kekurangan dan keterbatasan dalam menghadapi tuntutan penugasan kedepan. Tercapainya tingkat kesiapan gelar sistem dan alat peralatan komunikasi Unsur/KRI Koarmatim yang dimiliki saat ini maupun yang akan datang, dan teruji serta terevaluasinya buku-buku petunjuk tentang komunikasi dilingkungan TNI AL sesuai dengan situasi yang berkembang di lapangan.

13-pembukaan-latihan-komunikasi-caraka-tahun-2016-3Dalam Latkom Caraka bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan personel dan efektfitas sistem Komlek Unsur/KRI Koarmatim dalam melaksanakan tugas Operasi Matra Laut maupun Operasi Gabungan TNI akan dapat tercapai, tutupnya.

Adapun Materi latihan secara garis besar yang diberikan diantaranya, Menguji jangkauan pancaran (Excellent Converage Area), Menguji tingkat kesiapan Alkom jajaran koarmatim yang digelar, Menguji ketrampilan dan pengetahuan personel pengawak komlek jajaran Koarmatim l, serta Menguji prosedur komunikasi RTG,RTF dan Visual.

Hadir dalam acara tersebut, para Perwira Staf Diskomlek Koarmatim, Satkom Diskomlek Koarmatim, Satkom Pangkalan jajaran Koarmatim, dan Unsur KRI Koarmatim.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

PEMBUKAAN LATIHAN KOMUNIKASI CARAKA TAHUN 2016 KOARMATIM