KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PELAJAR LEBANON SERBU KRI BUNG TOMO – 357

By 31 Oct 2016 03:07Berita Operasi
31-pelajar-lebanon-serbu-kri-bung-tomo-3572

Beirut. 29 Oktober 2016

KRI Bung Tomo – 357 sebagai bagian dari Maritime Task Force UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) selain sebagai penjaga perdamaian di Laut Mediterania, KRI TOM – 357 juga melaksanakan misi untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia. Setelah Transfer of Authority (TOA) dari Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-J UNIFIL ke Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL pada bulan Agustus silam, Satgas yang dikomandani oleh Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, S.E., bekerjasama dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Lebanon telah beberapa kali menyelenggarakan event untuk memperkenalkan lebih dekat kebudayaan dan kesenian Indonesia lewat persembahan tari dan musik tradisional bangsa Indonesia. Beirut, (29/10/2016).

31-pelajar-lebanon-serbu-kri-bung-tomo-3571Keberhasilan Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I/UNIFIL 2016 dalam rangka mempromosikan budaya Indonesia pada beberapa event penting di Lebanon telah menumbuhkan rasa penasaran bagi pelajar-pelajar di Lebanon untuk melihat lebih dekat bagaimana dan seperti apa KRI Bung Tomo – 357.

Oleh karena itu, Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I dalam hal ini Prajurit KRI Bung Tomo – 357 bekerjasama dengan KBRI untuk Lebanon memfasilitasi keingintahuan siswa siswi Phoenix International School Lebanon tentang kehidupan di KRI dengan mengadakan Open ship. Kegiatan kali ini dihadiri oleh 33 siswa siswi setingkat SLTA dengan 4 guru pendamping.

“Selamat datang di KRI Bung Tomo – 357, saya selaku Komandan KRI merasa bangga bisa menerima dan bertatap muka dengan pelajar Lebanon, manfaatkan waktu kalian di sini dan selamat belajar di KRI TOM – 357”, kata Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, S.E., saat menerima kedatangan para pelajar Lebanon di geladak heli KRI TOM – 357.

Lebih lanjut Komandan Satgas berharap dengan kegiatan Open Ship ini diharapkan para pelajar di Lebanon dapat mengenal lebih dekat tradisi dan kebudayaan Indonesia serta peranan TNI, khususnya TNI AL di UNIFIL.

31-pelajar-lebanon-serbu-kri-bung-tomo-3575Setelah disambut oleh Komandan Satgas, acara dilanjutkan dengan Tour Ship bagi para pelajar dengan memperkenalkan lebih dekat KRI Bung Tomo – 357 sebagai salah satu kapal perang modern dan tercanggih yang dimiliki oleh TNI AL saat ini.

Selain Tour Ship, para pelajar disuguhkan dengan penampilan kesenian tradisional Indonesia berupa Tari Teruna Jaya, Tari saman serta Gemu Famire yang ditampilkan secara profesional oleh Prajurit KRI TOM – 357. Oleh karena itu tidak salah bila Mrs. Iman Faour, salah seorang pengajar di Phoenix International School mengatakan bahwa Prajurit KRI TOM – 357 adalah prajurit profesional bukan hanya sebagai seorang tentara tapi juga sebagai seorang seniman. ” Kami berharap kegiatan positif berupa Open Ship seperti ini dapat sering dilaksanakan oleh KRI Bung Tomo – 357 bagi pelajar-pelajar di Lebanon. Kegiatan ini akan membuka dan menambah wawasan anak didik kami tentang kehidupan di kapal perang Indonesia, budaya Indonesia serta keramahtamahan Prajurit prajurit KRI Bung Tomo – 357 yang memberikan gambaran umum tentang kehidupan masyarakat Indonesia yang ramah, saling menghargai dan cinta damai”, kata Mrs. Najah Jabak, Kepala Sekolah Phoenix International School.

Acara diakhiri dengan foto bersama oleh seluruh Prajurit KRI Bung Tomo – 357 dengan seluruh Staf KBRI yang hadir serta para pelajar Phoenix International School.

(Tim pen Lebanon)

PELAJAR LEBANON SERBU KRI BUNG TOMO - 357