KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PATKAMLA SEKATAK SELAMATKAN 4 ORANG ABK KAPAL NELAYAN YANG MENGALAMI KECELAKAAN DI PERAIRAN TARAKAN

1

2

TARAKAN – Minggu (28/01/2018). Pada pukul 20.15 Wita, hari Sabtu 27 Januari 2018 Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal XIII menerima informasi dari TIM SAR Kota Tarakan dan laporan dari Polres Tarakan bahwa terdapat kapal nelayan dengan Personnel On Board (POB) 4 Orang yang sedang mengalami mati mesin dengan kondisi kapal sedang kemasukan air gelombang dengan lokasi atau koordinat kapal adalah pada 03. 21′ 49.2″ N, 117. 58′ 41.8″ E. Dengan bekal informasi tersebut Satkamla Lantamal XIII Tarakan dengan cepat merespon dan mengerahkan Patkamla Sekatak untuk melaksanakan pencarian di lokasi perairan Tarakan dengan koordinat sesuai yang telah dilaporkan untuk memberikan pertolongan.

3

Pada TW 0128 0210 Patkamla Sekatak dengan Komandan Patkamla Serka Amase Siregar pada posisi 3’23.964 U 117’55.407 T telah melaksanakan SAR KM Oman yang merupakan kapal pemancing ikan yang berangkat dari kelurahan Beringin 4 kota Tarakan. Kapal dengan Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 4 orang tersebut berhasil diselamatkan oleh Patkamla Sekatak yang bekerjasama dengan TIM SAR Kota Tarakan.

Setelah 4 orang ABK kapal ikan tersebut berhasil ditemukan pada pukul 02.10 Wita, Patkamla Sekatak segera melaksanakan proses evakuasi dan langsung membawa korban ke Kantor Satkamla di Mako Lantamal XIII Tarakan. Adapun data 4 orang korban tersebut adalah Susanto (umur 50 tahun), Andi Kariyaman (umur 46 tahun), Anthon Sujarwo (umur 42 tahun) dan Muhclis M. Amin (umur 52 tahun). Sementara saat ini kapal di tinggal di laut, mengingat cuaca gelombang dan mesin kapal dalam kondisi rusak (mati mesin).

Proses evakuasi berjalan dengan lancar dan kondisi 4 orang korban dalam keadaan sehat.

Dispen Lantamal XIII Tarakan

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PATKAMLA SEKATAK SELAMATKAN 4 ORANG ABK KAPAL NELAYAN YANG MENGALAMI KECELAKAAN DI PERAIRAN TARAKAN