KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGLIMA TNI RESMIKAN RUANG MARITIME COMMAND CENTRE (MCC) DI MAKO LANTAMAL XIII TARAKAN

By 21 Jun 2017 03:07Berita Armada
MCC

AAA_6571 12r

TARAKAN. Senin pagi (19/06) merupakan hari yang bersejarah bagi tiga Negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Philipina. Karena, pada saat itu proses diresmikannya kerjasama Trilateral Maritime Patrol Indomalphi oleh Menteri Pertahanan Republik Indonesia  Ryamizard Ryacudu, Menteri Pertahanan Malaysia Dato’ Seri Hishammuddin Tun Hussein dan Menteri Pertahanan Philipina Delfin N. Lorenzana. Kerjasama ini merupakan langkah kongkrit yang dilakukan ketiga negara, namun tetap dalam semangat dan sentralitas ASEAN, dalam menjaga stabilitas dikawasan dalam menghadapi ancaman nyata non tradisional seperti perampokan, penculikan, terorisme dan kejahatan lintas negara lainnya di perairan/kawasan maritime. Salah satu kelompok radikal yang saat ini menjadi perhatian dunia adalah kelompok yang berasal dari negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) khususnya kemunculan kelompok bersenjata yang terafiliasi dengan ISIS di Filipina merupakan bibit-bibit kelompok radikal yang dapat memberikan ancaman bagi Indonesia dan negara ASEAN lainnya.

MCC4

Sebelum acara peresmian kerjasama Trilateral Maritime Patrol Indomalphi dilakukan, para pejabat negara dan para delegasi  ketiga negara pada Minggu malam (18/06) melaksanakan acara official dinner di ballroom hotel swissbell, ikut hadir pula delegasi negara Singapura dan Brunei Darussalam. Pada keesokan harinya seluruh Delegasi mengikuti rangkaian acara peresmian Maritime Command Control (MCC) yang berada di Mako Lantamal XIII Tarakan.

MCC2

Pada acara tersebut diawali dengan penandatanganan prasasti oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia General Tan Sri Raja Mohamed Affandi bin Raja Mohamed Noor dan Panglima Angkatan Bersenjata Philipina General Eduardo M. Ano yang disaksikan oleh para menteri pertahanan ketiga Negara, dilanjutkan foto bersama, pemotongan pita oleh Panglima TNI sebagai tanda peresmian ruang MCC di Mako Lantamal XIII. Dalam ruang MCC para Delegasi menerima penjelasan system operasional dari semua alat peralatan MCC dari  tugas mengawasi sampai mengenali objek pada perairan kawasan yang disampaikan oleh Kasatkom Lantamal XIII Letkol Laut (P) Taufik Suryo S. Kedudukan MCC dari ketiga Negara yaitu MCC Indonesia berada di Lantamal XIII Tarakan, MCC Malaysia berada di Tawau dan MCC Philipina berada di Bongao.

MCC3

Selesai acara peremian MCC di Mako Lantamal XIII, acara dilanjutkan dengan peresmian kerjasama Trilateral Maritime Patrol Indomalphi di geladak KRI dr. Suharso-990 yang ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh lima menteri (Indonesia, Malaysia, Philipina, Singapura dan Brunei Darussalam). Acara dilanjutkan dengan demonstrasi Indomalphi Quick Response, Sailing Pass dan Flying Pass.

 

 

Dispen Lantamal XIII

PANGLIMA TNI RESMIKAN RUANG MARITIME COMMAND CENTRE (MCC) DI MAKO LANTAMAL XIII TARAKAN