KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

PANGKOARMADA II MENINJAU LATIHAN SEA SURVIVAL

By 17 Jul 2018 15:33Berita Armada
17_PANGKOARMADA_II_MENINJAU_LATIHAN_SEA_SURVIVAL

Surabaya, 17 Juli 2018
Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., selaku Perwira Penyelenggara Latihan Jungle and Sea Survival Prajurit KRI Koarmada II, didampingi Kepala Staf Koarmada (Kaskoarmada) Laksamana Pertama TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., meninjau gladi lapangan Sea Survival yang berlangsung di Dermaga Semampir Lama, Ujung Surabaya. Selasa, (17/07/2018).

17_PANGKOARMADA_II_MENINJAU_LATIHAN_SEA_SURVIVAL_5
Menurut Laksma TNI Kisdiyanto bertindak sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) di hari kedua gladi lapangan sea survival kali ini diikuti oleh tiga tim dari Satuan Kapal Eskorta (Satkor) B, Satuan Kapal Ranjau (Satran) A, Satran B. Dalam kompetisi tersebut, seluruh peserta bersiap dari KRI Teluk Sampit (TSP)-515 yang dikomandani oleh Mayor Laut (P) Cokorda Gede Parta, S.H., M.Sc.

17_PANGKOARMADA_II_MENINJAU_LATIHAN_SEA_SURVIVAL_3
KRI TSP-515 yang lego jangkar di sekitar Selat Madura, ketiga tim melaksanakan peran peninggalan kapal dengan melompat ke laut bersama sekoci dan berlomba menuju garis finish yang telah ditentukan. Tim pengamanan laut dari Satkopaska, Dislambair, dan Divisi Pantai Koarmada II mendampingi para peserta yang terdiri dari tujuh personel tiap-tiap Tim melaksanakan serial latihan diantaranya, water trappen, meniup swimvest, membuat pelampung dari pakaian dan berenang ke sekoci.17_PANGKOARMADA_II_MENINJAU_LATIHAN_SEA_SURVIVAL_2
Selain itu, peserta menghadapi problem membalikan sekoci, bertahan di permukaan air dan diakhiri mendayung menuju garis finish. Adapun tim tercepat tantangan menuju garis finish dari dermaga Semampir menuju pantai hutan bakau adalah Satkor B dengan waktu 08 menit 33 detik, Satran A dengan waktu 09 menit 19 detik, dan Satran B 13 menit 32 detik.17_PANGKOARMADA_II_MENINJAU_LATIHAN_SEA_SURVIVAL_4
Sea survival merupakan cara bertahan hidup di laut yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh prajurit TNI Angkatan Laut. Pangkoarmada II berpesan, agar peserta latihan mengutamakan keselamatan baik personel maupun material dan memperhatikan arus laut yang kencang. “Untuk menjaga keselamatan dalam latihan, tim pengamanan laut selalu bersiaga mengawasi kalian dan tetap semangat selama melaksanakan latihan”, kata Pangkoarmada II.
Hadir dalam acara tersebut, Para Asisten Pangkoarmada II, Paopslat Jungle and Sea Survival Letkol Laut (P) Y.Y. Tamoni, para Perwira Staf Kolartkoarmada II, dan para pendukung Latihan Jungle and Sea Survival Prajurit KRI Koarmada II.

Kadispenkoarmada II, Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGKOARMADA II MENINJAU LATIHAN SEA SURVIVAL