KOARMATIM - Komando Armada RI II - TNI Angkatan Laut

PANGKOARMADA II HADIRI ACARA PELEPASAN DAN PENGUKUHAN IBU CATRARATNANGGADI JALAKANYASENA

By 06 Jun 2018 17:03Berita Umum
06_PANGKOARMADA_II_HADIRI_ACARA_PELEPASAN_DAN_PENGUKUHAN_IBU_CATRARATNANGGADI_JALAKANYASENA.5

KOARMADA II – Surabaya, 06 Juni 2018

06_PANGKOARMADA_II_HADIRI_ACARA_PELEPASAN_DAN_PENGUKUHAN_IBU_CATRARATNANGGADI_JALAKANYASENA.3

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M. di dampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Retno Didik Setiyono, menghadiri acara Pelepasan dan Pengukuhan Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena, bertempat di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmada II Ujung, Surabaya. Rabu (06/06/2018).

06_PANGKOARMADA_II_HADIRI_ACARA_PELEPASAN_DAN_PENGUKUHAN_IBU_CATRARATNANGGADI_JALAKANYASENA.2Seiring dengan pergantian Kepala Staf TNI Angkatan Laut dari Laksamana TNI Ade Supandi,  S.E., M.A.P., kepada Laksamana TNI Siwi Sukma Adji,  S.E.,M.M., maka diikuti pula dengan pergantian Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena dari Ibu Dra. Endah Ade Supandi kepada Ibu Dra. Manik Siwi Sukma Adji. Adapun arti dari Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena adalah Ibu Pelindung dan Pembimbing Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal).

Selain sebagai Ibu pelindung dan pembimbing,  Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena memiliki wewenang untuk mengarahkan kinerja Kowal dalam melaksanakan tugas dan kewajiban mereka sebagai prajurit TNI AL secara profesional,  dan juga sebagai bagian dari upaya mendukung terwujudnya World Class Navy.

Acara pelepasan tersebut ditandai dengan pelepasan selendang Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena dari Ibu Endah Ade Supandi kepada Ibu Manik Siwi Sukma Adji oleh Kadiskesal Laksma TNI R.A. drg. Nora Lelyana, M.H.Kes. dan pengukuhan Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena Daerah I kepada Ibu Veronica Yudo Margono, Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena Daerah II kepada Ibu Retno Didik Setiyono, serta Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena Daerah III kepada Ibu Ninik Ariawan.

Selanjutnya dalam sambutan Ibu Dra. Endah Ade Supandi menyampaikan, pada hari ini saya telah serahkan lahir dan batin, jasmani dan rohani seluruh Prajurit  Kowal kepada Ibu Dra. Manik Siwi Sukma Adji, dan tak lupa pula ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar TNI AL khususnya Kowal. Alhamdulillah kita diberikan kebahagiaan, kesabaran di bulan suci Ramadhan yang memasuki hari ke- 21, Insyaallah kita dapat menyelesaikan Shaum Ramadhan kali ini dengan sehat.

Menurut Ibu Endah Ade Supandi pengukuhan Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena berjalan dengan lancar dan ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya bertemu kembali serta bersilaturahmi dengan Kowal yang semakin menunjukkan pesonanya dibidang apapun”, ujarnya.

Selesainya jabatan saya sebagai Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena dengan  tugas yang disandang sebagai Ketum Jalasenaastri dan akan dilepas  sebagai Ibu Taruna AAL. Saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kowal putri-putriku atas upaya dan dedikasi kalian.

Mengawali sambutannya, Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena yang baru Ibu Manik Siwi Sukma Adji menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Endah atas segala upaya meningkatkan potensi Kowal dalam kedinasan dan membuka peluang Kowal untuk berprestasi, mari kita saling silaturahmi dan menghargai peran Kowal maupun Jalasenastri yang harus kita kembangkan dan lestarikan.

Beberapa saat yang lalu telah dilaksanakan Pengukuhan Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena Daerah I,II dan III dimana Ibu Pangkormada menjadi Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena di daerah masing-masing dengan harapan dapat lebih mengoptimalkan peran pembinaan di bidang penampilan dan kewanitaan khususnya prajurit Kowal.

“Jalin koordinasi dengan Pater Kowal dan tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pedoman hidup, tingkatkan prestasi dan mantapkan kemampuan diri dalam hal yang positif, kembangkan hubungan silaturrahmi dengan Ibu Jalasenastri sebagai mitra dan tak lupa pula mengucapkan terimakasih kepada Pangkoarmada II telah membantu pelaksanaan kegiatan ini dengan lancar”, kata Ibu Manik Sukma Adji.

Pada acara pelepasan dan pengukuhan ini, para Prajurit Kowal menampilkan pula berbagai kreatifitas tari dan musik diantaranya band maupun rampak gendang, serta fashion show Jaket Kowal yang merupakan ide atau gagasan Ibu Endah Ade Supandi, yang dapat digunakan untuk Kowal dalam mendukung kedinasan di dalam atau di luar ksatrian.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Wakil Ketum Jalasenastri Ibu Ina Taufiq, Aspers Kasal Laksda TNI Karma Suta, S.E., M.M., Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Pangkoarmada III Laksda TNI I N.G. Ariawan, S.E., Kasarmada II Laksma TNI I N.G. Sudihartawan, S.E. M.M., Danlantamal V Laksma TNI Edwin, S.H.,Kadisminpersal Laksma TNI Tedjo Sukmono, Kadiswatpersal Laksma TNI Rubiyanto, S.E.,M.M., Kadispenal Laksma TNI Gig Jonias Mozes Sipasulta,  Wakapuskes TNI Laksma TNI drg. Andriani, SP.Ort., Laksma TNI Sinoeng Hardjanti, S.H., M.Hum., Perwakilan Kowal Surabaya dan Para Pengurus Pusat Jalasenastri, Bakor Jalasenastri Wilayah Jakarta dan Surabaya, Perwakilan Taruni AAL, serta Siswa Bintara PK TNI AL.

Kadispenarmada II Letkol Laut (KH) Suratno, S.S 

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGKOARMADA II HADIRI ACARA PELEPASAN DAN PENGUKUHAN IBU CATRARATNANGGADI JALAKANYASENA