KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM TEGASKAN CB DALAM LATIHAN KESIAPSIAGAAN OPERASIONAL KOARMATIM 2017

By 08 Aug 2017 17:48Berita Latihan
08_PANGARMATIM_TEGASKAN_CB_DALAM_LATIHAN_KESIAPSIAGAAN_OPERASIONAL_KOARMATIM_2017__1_

KOARMATIM – Surabaya, 08 Agustus 2017

          Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., dalam rangka Latihan Pangkalan Kesiapsiagaan Operasional Koarmatim Tahun 2017, melaksanakan pemilihan Cara Bertindak (CB) Terbaik, berlangsung di Gedung Candrasa Koarmatim, Ujung Surabaya. Selasa, (08/08/2017).

        08_PANGARMATIM_TEGASKAN_CB_DALAM_LATIHAN_KESIAPSIAGAAN_OPERASIONAL_KOARMATIM_2017__2_

  Asops Pangarmatim Kolonel Laut (P) Ariantyo Condrowibowo dalam kesempatan tersebut menyampaikan paparan Analisa Tugas dari para staf. Selanjutnya, usai mendengarkan CB dari stafnya, maka Pangarmatim memutuskan CB Terbaik adalah melaksanakan penindakan ke kapal sasaran dengan menggerakkan unsur gelar yaitu KRI Lambung Mangkurat -374 dan KRI Hasan Basri-382, KRI Pandrong-801, KRI Frans Kaisiepo-368, KRI Teluk Banten – 516, Tim Satkopaska, Tim Medis, Pesawat Cassa CN-212 dan Heli HU-420 berangkat dari daerah operasi, sehingga penindakan akan berlangsung cepat.

       08_PANGARMATIM_TEGASKAN_CB_DALAM_LATIHAN_KESIAPSIAGAAN_OPERASIONAL_KOARMATIM_2017__3_

   Lanjutnya, proses penindakan di lokasi yang dilakukan oleh KRI, Pesud CN-212 dan Heli HU-420 dengan Tim Penerjun Tempur dan Fast Rope serta Tim VBSS akan lebih cepat dan efektif. Di dahului dengan penyekatan dan penghentian oleh KRI, kemudian menurunkan 2 Tim VBSS dan Boarding terhadap kapal sasaran. Setelah itu,dibantu dengan menerjunkan Junpur dari Pesud CN-212 DAN Fast Rope dari Heli HU-420.

          Sebelum mengakhiri pertemuan tersebut Kasarmatim menyampaikan penegasan Pangarmatim dalam LKO Koarmatim Tahun 2017 yang saat ini sedang berlangsung di perairan Balikpapan bahwa, formulasikan CB Terbaik menjadi keputusan sebagai acuan dalam menyusun Rencana Operasi (RO), dan susun RO dengan selalu berkoordinasi dengan satuan samping.

          Hadir dalam acara tersebut, Koorsahli Pangarmatim Kolonel Mar Tory Subiyantoro, para Asisten Pangarmatim, para Komandan Satuan jajaran Koarmatim, para Kasatker Koarmatim, dan para Komandan Unsur yang terlibat latihan, serta para peserta LKO Koarmatim 2017.

Dispenarmatim

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGARMATIM TEGASKAN CB DALAM LATIHAN KESIAPSIAGAAN OPERASIONAL KOARMATIM 2017