KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

PANGARMATIM PIMPIN UPACARA KENAIKAN BENDERA

By 17 Mar 2017 04:29Berita Umum
17 PANGARMATIM PIMPIN UPACARA KENAIKAN BENDERA

Surabaya, 17 Maret 2017

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., memimpin pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera yang dilaksanakan setiap tanggal 17 yang diikuti oleh Ribuan personel Koarmatim yang terdiri dari prajurit dan PNS Koarmatim,  bertempat di Dermaga Madura Koarmatim Ujung, Surabaya. Jumat (17/03/2017).

17 PANGARMATIM PIMPIN UPACARA KENAIKAN BENDERA (1)Acara Pokok upacara tersebut adalah pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pancasila, Pembacaan Pembukaan UUD 1945, pengucapan Sapta Marga dan pembacaan Panca Prasetya Korpri. Bertindak sebagai Komandan Upacara Letkol Laut (P) Nopriadi yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan KRI Keris-624 Jajaran Satuan Kapal Cepat (Satkat) Koarmatim.

Dalam Amanatnya Pangarmatim menyampaikan, bahwa dalam rangka menjaga dan meningkatkan profesionalisme prajurit khususnya prajurit Koarmatim dalam pelaksanaan tugas operasi, pada bulan januari hingga maret Koarmatim telah melaksanakan berbagai latihan antara lain latpratugas satgas perbatasan Indonesia – Malaysia, perbatasan Indonesia – Philipina, Latkamla Koarmatim dan latpratugas satgas perbatasan Indonesia dengan Australia dan RDTL, tujuan dari penyelenggaraan latihan tersebut adalah untuk memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit Koarmatim agar para prajurit memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas.

17 PANGARMATIM PIMPIN UPACARA KENAIKAN BENDERA (4)Lanjut Pangarmatim, guna lebih meningkatkan kemampuan satker-satker di lingkungan koarmatim dalam melaksanakan tugasnya, maka jalin terus kerja sama lintas instansi dengan baik. Bangun koordinasi dan ciptakan keharmonisan sehingga tujuan utama dalam penyelenggaraan pertahanan dan keamanan nasional dapat terwujud. Selain itu tetap perhatikan kesejahteraan prajurit dalam segala aspek guna meningkatkan kinerja prajurit, tekankan kepada setiap diri prajurit untuk senantiasa belajar hidup hemat dan sederhana untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas.

Diakhir amanatnya Pangarmatim menyampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani Prajurit Koarmatim dalam pelaksanaan tugas, pertama tingkatkan kualitas iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL, sebagai basis pengabdian kita selaku prajurit matra laut. Kedua, tingkatkan semangat kebersamaan dan hubungan kekeluargaan yang akrab dan harmonis sebagai pilar dalam mewujudkan koarmatim sebagai komponen pertahanan Negara di laut yang handal. Ketiga, tingkatkan     kewaspadaan khususnya di wilayah perairan perbatasan dengan negara lain serta pertahankan kesiapan alutsista Koarmatim agar setiap saat siap dan mampu digerakkan guna melaksanakan tugas. keempat, pelihara dan tingkatkan terus budaya kerja      keras dilandasi semangat dan      tekad pengabdian yang tulus ikhlas untuk menghasilkan karya nyata terbaik bagi TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara. Kelima, tingkatkan koordinasi dan kerjasama dengan aparat keamanan terkait di daerah sebagai upaya deteksi dini dan cegah dini terhadap berbagai tindakan yang mengganggu stabilitas nasional utamanya menghadapi tahun politik dan hindari tindakan-tindakan provokatif yang mengarah kepada upaya adu domba dan memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Turut serta dalam Upacara Penaikan Bendera, Danguspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han), Irarmatim Kolonel Laut (T) Amrein, Para Pejabat Utama Koarmatim, Pater Pangarmatim Kolonel Mar Tory Subiyantoro, Para Komandan Satuan dan Para Komandan Unsur yang di Pangkalan.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

 

PANGARMATIM PIMPIN UPACARA KENAIKAN BENDERA

04 min